London (ANTARA News) - Pebalap Formula 1 Nico Hulkenberg akan meninggalkan Force India dan membela Renault mulai 2017, setelah ia menandatangani kontrak tahun jamak dengan pabrikan Prancis tersebut.

"Selalu menjadi mimpi saya untuk bekerja bagi tim pabrikan. Peraturan-peraturan baru F1 akan mengubah permainan dan memberikan peluang bagus kepada tim kami," kata pemenang Le Mans 2015 ini dalam pernyataannya pada Jumat.

"Pada tahun-tahun mendatang, Renault akan memainkan peran yang lebih menantang, yang sesuai dengan pendekatan saya untuk 100 persen membalap."

Force India yang disokong Mercedes menghuni peringkat keempat di klasemen, mengungguli Williams, dan kepergian Hulkenberg akan menyisakan satu posisi lowong.

Renault, yang membeli tim Lotus yang bubar pada akhir tahun lalu, mengalami kesulitan sehingga hanya mampu menghuni peringkat kesembilan namun -- sebagai mantan juara dengan sumber-sumber daya yang kuat -- mereka diperkirakan akan mampu untuk tampil jauh lebih kompetitif.

Mesin mereka telah membantu Red Bull mendulang dua kemenangan pada musim ini.

"Musim ini adalah mengenai meletakkan dasar-dasar untuk kesuksesan di masa yang akan datang," kata ketua balap Renault Sport Jerome Stoll.

"Untuk beberapa langkah mendatang kami memerlukan pebalap berpengalaman yang masih lapar untuk podium-podium. Nico Hulkenberg sangat sempurna untuk peran ini dan merupakan pelengkap yang sesuai untuk apa yang ingin kami capai."

Hulkenberg (29), belum mampu finis di podium dalam tujuh musim yang mencakup satu musim bersma Williams dan satu musim dengan Sauber, namun ia berharap dapat mengubahnya di tim dengan garis keturunan yang meyakinkan.

"Pada masanya bersama Renault, Michael Schumacher bukan hanya membantu membuat Jerman menjadi negara F1, ia juga memicu antusiasme saya dan membakarnya untuk balapan," ucapnya.

"Sebagai bagian keluarga Renault, saya ingin mengembangkan mobil dan menulis cerita-cerita sukses yang baru."

Juara dunia tujuh kali Schumacher memenangi gelar keduanya pada 1995 bersama Benetton yang disokong Renault, tim yang kini dinamai ulang dengan Renault dan masih bermarkas di Enstone di Inggris Tengah.

Force India, yang telah mengonfirmasi pebalap Meksiko Sergio Perez akan membela mereka sampai 2017, berterima kasih kepada Hulkenberg untuk kontribusinya selama lima musim.

"Ia adalah pebalap luar biasa, yang menyumbangkan lebih banyak poin untuk tim ini dibanding (pebalap) lainnya," kata ketua tim Vijay Mallya.

"Meski memang benar bahwa kami akan merindukan Nico, kami menghormati keputusannya untuk peluang-peluang eksplorasi yang segar dan akan keliru untuk menghalangi dirinya."

Kedatangan Hulkenberg berarti salah satu, atau mungkin keduanya, pebalap Dernmark Kevin Magnussen dan Jolyon Palmer asal Britania akan hengkang pada musim depan, ketika olahraga ini menerapkan perubahan peraturan dengan ban yang lebih lebar dan mobil-mobil yang lebih cepat.

Palmer direkrut Lotus sedangkan Magnussen didatangkan menyusul kepergian pebalap Venezuela Pastor Maldonado pada Februari.

Di antara keduanya, Magnussen kelihatannya akan bertahan namun rumor yang berseliweran mengatakan pebalap "rookie" prancis Esteban Ocon, yang saat ini masih memperkuat Manor, kemungkinan akan menjadi pebalap Renault atau Force India.

Rekan setima Ocon saat ini, Pascal Wehrlein, pebalap cadangan Mercedes, juga disebut-sebut akan pindah ke Force India. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016