Solo (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbaur dengan masyarakat dalam kegiatan hari bebas kendaraan (car free day/CFD) di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu pagi.

Presiden Jokowi, yang dikawal oleh Paspampres dan aparat keamanan setempat, berjalan kaki dari depan Taman Sriwedari menuju bundaran Gladag yang berjarak sekitar 3,5 kilometer.

Sembari berjalan, Presiden pun melayani permintaan masyarakat yang ingin bersalaman dengannya.

Jokowi merupakan idola masyarakat Solo, kota asalnya, sejak menjabat sebagai Wali Kota Surakarta beberapa tahun lalu.

"Kegiatan CFD di Kota Solo dari tahun ke tahun semakin ramai dikunjungi masyarakat," kata Jokowi usai mengunjungi CFD Solo.

Menurut Jokowi situasinya kini jauh lebih baik dibanding kegiatan CFD sebelumnya, dan berbagai aktivitas dilakukan masyarakat di hari bebas kendaraan tersebut.

Di sela-sela kegiatan olahraga dan bersantai itu, Presiden Jokowi juga menjawab pernyataan wartawan soal rencana pembangunan jalur kereta api dari stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo.

"Saya sudah perintahkan untuk segera dimulai pada tahun depan. Jalur KA Stasiun Balapan menuju bandara itu, sudah dianggarkan," kata Jokowi.

Jokowi berharap pembangunan jalur Ka stasiun Balapan Solo-Bandara Adi Soemarmo segera dikerjakan pada 2017.

Setelah beraktivitas di CFD, Jokowi kemudian bernostalgia mengunjungi bekas daerah tempat tinggal orang tuanya di kawasan tepi sungai Kampung Cindirejo Banjarsari Solo.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016