Pontianak (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Oesman Sapta secara khusus meminta kepada Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Andhika Perkasa agar perhatiannya kepada Koramil betul-betul ditingkatkan.

Koramil, menurut Oesman Sapta, adalah ujung tombak dari alat negara. Berada di lapisan paling bawah dan terdepan di tingkat pedesaan, dan beradaptasi dengan masyarakat langsung.

Oesman Sapta mengungkapkan hal ini mengingat berbagai ancaman dihadapi bangsa Indonesia, terutama serangan yang merusak moral dan karakter bangsa, dalam bentuk narkoba.

"Kadang ia memakai celana hijau tapi bajunya baju preman, dan bersandal jepit. Dan, ia sangat diterima masyarakat di seluruh Indonesia," kata dia ketika menyampaikan sambutan pada pembukaan Sosialisasi Empat Pilar, di Pangdam XII Tanjungpura, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat.

Untuk kewaspadaan, menurut Oesman Sapta, perlu kebijakan dari Pangdam untuk meningkat kesejahteraan koramil karena mereka adalah ujung tombak, sehingga harus dipersiapkan, terutama untuk menjadi ketahanan nasional.

Pangdam Mayjen TNI Andhika Perkasa membenarkan bahwa Koramil memang ujung tombak. Sebagai contoh, didaerah perbatasan, Pangdam mengatakan, aparatur telah berhal menangkap penyelundup man narkoba.

"Itu salah satu bukti bahwa Koramil itu memang ujung tombak," ujar Mayjen TNI Andhika Perkasa.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016