Tangerang (ANTARA News) - 13 Kecamatan di Kota Tangerang, Banten, menggelar perlombaan Kampung Pemuda dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober.

Pantauan di lapangan, kegiatan lomba dilaksanakan di Aula kantor Kecamatan dengan pesertanya adalah pemuda di wilayah setempat.

Adapun jenis perlombaan yang dilaksanakan sesuai dengan edaran dari Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kretif (Disporparekraf) adalah Lomba Stand Up Comedy, Lomba Foto Pemuda, Lomba Desain Kaos bertemakan Kota Tangerang, Loma Art Fashion, Festival Band, Tari Kreasi Tradisional, Branding Wilayah dan Makanan Khas Tangerang.

"Lomba yang kita laksanakan di kecamatan adalah hasil penjaringan dari tingkat kelurahan dan akan dicari pemenang untuk mewakili Kecamatan dalam lomba tingkat Kota pada perayaan hari Sumpah Pemuda tingkat Kota Tangerang," kata Agus Henra, Camat Tangerang, Rabu.

Dijelaskannya, antusias warga untuk mengikuti lomba sangat tinggi dengan jumlah pendaftar yang sangat banyak.

Pihaknya juga mengajak para pemuda untuk memberikan ide dan gagasan dalam kemajuan wilayahnya untuk percepatan pembangunan.

"Selain ikut lomba, para pemuda juga kita minta masukan terhadap ide dan gagasannya. Kalau ada usul pembangunan fasilitas untuk pemuda bisa kita bahas dan kami ajukan nantinya," paparnya.

Hal senada juga dikatakan Camat Ceper, Mulyanto yang menggelar sejumlah lomba dan mengangkat tema seni dan budaya sebab adanya silat Beksi yang menjadi keunggulan wilayah Batuceper.

Begitu juga di Kecamatan Cipondoh yang melibatkan semua unsur organisasi kepemudaan dalam menyelenggarakan acara.

Sehingga, bulan Oktober yang merupakan bulannya Pemuda dapat dirasakan Pemuda dengan kreatifitasnya. "Kita serahkan kepada Pemuda untuk kreatif dan kita hanya membina saja," kata Camat Ceper, Deni.

Pemerintah Kota Tangerang telah membentuk Kampung Pemuda dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda di setiap Kelurahan.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, pemuda memiliki peranan penting dalam pembangunan, terutama kemerdekaan yang diraih.

"Pencanangan Kampung Pemuda dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-88 pada 28 Oktober 2016, tentunya bukan sekedar seremonial belaka. Tapi harapannya, kegiatan ini bisa terus berlanjut dari waktu ke waktu, karena pemuda Kota Tangerang itu harus menjadi pemuda yang maju, mandiri dan kreatif yang mampu membangun kotanya menjadi semakin baik lagi," tegasnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016