Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bekerja dan beraktivitas seperti biasa hari ini, di tengah unjuk rasa yang terjadi.

"Ini kan hari kerja, kita bekerja seperti biasa, pelayanan publik juga beroperasi seperti biasa," kata Asman Abnur dihubungi Antaranews.com di Jakarta, Jumat.

Saat ditanya kemungkinan keikutsertaan PNS pada unjuk rasa hari ini, Asman enggan mengomentarinya, karena hal tersebut belum tentu terjadi.

"Jangan ada tapi, itukan belum tentu terjadi. Yang pasti hari ini semua bekerja seperti biasa," ungkapnya.

Menurut Asman, tidak ada imbauan khusus maupun sidak terhadap para PNS terkait unjuk rasa yang terjadi hari ini.

"Tidak ada sidak, semua berkegiatan seperti biasanya," ungkapnya.

Sekjen Kementerian PAN-RB Herman Suryatman menambahkan, ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, di mana PNS harus menaati jam kerja.

"Jadi, bukan alasan demo untuk tidak masuk kerja. Kalau terlambat ya lapor pimpinan," ujar Herman.

Menurutnya, PNS selaiknya dapat mengantisipasi kondisi lalu lintas yang terjadi akibat demo, dengan berangkat lebih pagi atau mencari jalan alternatif.

"Jadi, tetap bekerja 7,5 jam, masuk pukul 07.30 WIB dan pulang pukul 16.30 WIB. Kita menghormati dan menghargai demo hari ini. Tapi, kan publik tetap berhak mendapat pelayanan. Jadi, pelayanan publik tetap buka," katanya.
 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016