Malang (ANTARA News) - Arema akhirnya kembali menduduki puncak klasemen sementara Indonesia Soccer Championship (ISC) setelah menaklukkan tamunya Persela Lamongan 3-0 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu malam.

Sebelumnya Arema berada di posisi ketiga, di bawah Madura United yang berada di puncak klasemen dengan raihan 52 poin dan Persipura Jayapura yang menempati posisi "runner up" yang mengantongi 50 poin. Sebenarnya raihan poin Arema sama dengan Madura United, namun Arema unggul head to head dengan Madura United.

Tiga gol Arema yang membobol gawang Persela yang dikawal Dwi Kuswanto itu masing-masing dipersembahkan Cristian Gonzales pada menit ke-31, Hamka Hamzah menit ke-66 dan Esteban Vizcarra pada menit ke-79.

Gol pembuka Arema diawali dari umpan Syaiful Indra Cahya yang tak disia-siakan Gonzales yang berdiri bebas di area kotak terlarang. Tandukan Gonzales tak mampu diselamatkan kiper Persela Dwi Kuswanto.

Sejak menit-menit awal babak pertama, para pemain Arema sudah mengurung area pertahanan Persela dan gempuran demi gempuran para pemain Arema cukup merepotkan anak asuh Aji Santoso tersebut, bahkan ada sejumlah peluang di babak pertama, namun gagal membuahkan gol.

Selama 45 menit babak pertama, Persela pun juga banyak memiliki peluang. Pada menit-menit awal Persela juga memiliki kesempatan membobol gawang Ahmad Kurniawan, namun kesempatan emas tendangan bebas yang dieksekusi pemain asal Korsel Choi Hyun Yeon, namun kandas di kaki para pemain Arema.

Arema yang menguasai pertandingan di babak pertama itu tak mampu menambah pundi-pundi golnya dan Persela juga belum mampu menyamakan kedudukan hingga wasit M Agung meniup peluit panjangnya tanda babak pertama berakhir.

Memasuki 45 menit babak kedua, para pemain Arema menaikkan tensi permainannya dan lagi-lagi para pemain Persela harus menahan gelombang gempuran anak asuh Milomir Seslija itu. Serangan yang terus dilakukan Arema akhirnya membuahkan hasil. Gol kedua tercipta dari tandukan Hamka Hamzah yang emmanfaatkan bola tendangan pojok yang dieksekusi Raphael Maitino pada menit ke-66.

Tertinggal 2-0, para pemain Persela menaikkan intensitas serangannya, namun lagi-lagi gagal menerobos tembok kokoh pertahanan Arema yang digalang Goran Gancev dan Hamka Hamzah. Sebenarnya serangan balik yang diperagakan pemain Persela cukup cepat, namun Dendy Sulistyawan yang menjadi andalan Persela di lini depan terkurung beberapa pemain Arema, sehingga tidak mampu mengembangkan permainannya.

Tidak puas dengan dua gol, Arema terus meningkatkan serangannya hingga beberapa menit menjelang usainya pertandingan. Serangan intensif itu akhirnya membuahkan hasil (gol) melalui tendangan dari luar kotak penalti yang dilesakkan EstebanVizcarra pada menit ke-79. Kedudukan berubah menjadi 3-0.

Sebenarnya beberapa kali serangan balasan Persela mampu menerobos jantung pertahanan Arema, namun benteng terakhir Arema, penjaga gawang Ahmad Kurniawan dengan sempurna menyelamatkan tendakan maupun tandukan para pemain Persela. Hingga babak kedua berakhir, skor masih tetap 3-0.

Selama 90 menit pertandingan, wasit M AGung mengeluarkan beberapa kartu kuning, di antaranya dihadiahkan untuk Esteban Vizcarra dan Goran Gancev (Arema), Choi Hyun Yeon, Dendy Sulistyawan dan Agung Pribadi (Persela).

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016