Liverpool, Inggris (ANTARA News) - Liverpool sukses membantai Watford 6-1 dalam laga pekan ke-11 Liga Utama Inggris di Stadion Anfield, Minggu.

Hasil itu cukup mengangkat tim besutan Juergen Klopp tersebut mengambil alih puncak klasemen dengan mengantongi 26 poin, menggusur Chelsea (25) yang sempat mendudukinya dalam durasi kurang dari 24 jam, sementara Watford (15) harus puas turun ke peringkat delapan.

Sadio Mane memborong dua dari lima gol kemenangan Liverpool, sementara Philippe Coutinho, Emre Can, Roberto Firmino dan Georginio Wijnaldum masing-masing turut menyumbang satu gol untuk tuan rumah.

Liverpool memang tampil sangat dominan sepanjang laga dengan menguasai 60 persen pengendalian bola dan melepaskan 28 percobaan tembakan yang 17 di antaranya menemui sasaran.

Meski demikian Liverpool baru bisa membuka keunggulan pada menit 27 lewat tandukan Mane memanfaatkan situasi sepak pojok. Coutinho melepaskan umpan pendek kepada James Milner yang segera mengembalikan kepada legiun Brasil itu untuk diteruskan dengan umpan silang yang disambut Mane dengan sundulan mengarahkan bola ke tiang jauh meninggalkan penjaga gawang Heurelho Gomes terdiam.

Liverpool menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 tiga menit berselang lewat bangunan serangan nan apik saat umpan Firmino disambut Coutinho dengan sentuhan pendek ke arah tengah sebelum melepaskan tendangan rendah dari tepian kotak penalti yang tak mampu dihalau Gomes.

Gol itu bahkan memaksa Gomes dipapah meninggalkan lapangan karena mengalami cedera lutut saat berupaya menghalau bola tendangan Coutinho. Padahal Gomes telah mengawal gawang Watford dalam 77 laga Liga Inggris terakhir.

Penggantinya, Costel Pantilimon, tak bernasib baik karena harus kebobolan hanya 10 menit setelah berada di bawah mistar gawang Hull. Gol ketiga Liverpool itu tercipta pada menit 43 berawal dari sebuah serangan balik yang berakhir dengan umpan lambung Adam Lallana ke dalam kotak penalti yang disambut tandukan Can.

Milner hampir memperbesar lagi keunggulan Liverpool pada pengujung babak pertama lewat tendangan bebasnya yang mengarah ke sudut tiang dekat namun bisa ditampik oleh Pantilimon.

Unggul tiga gol tak membuat serangan Liverpool kendur, mereka memperbesar keunggulan menjadi 4-0 lewat gol Firmino yang dengan mudah menyontek bola matang kiriman Lallana di hadapan Pantilimon pada menit 57.

Tiga menit berselang Mane mencetak gol keduanya demi membawa Liverpool unggul 5-0 dengan menyelesaikan permainan menawan Firmino yang diakhiri dengan sodoran umpan matang di depan gawang.

Keunggulan lima gol bagi Liverpool membuat mereka sedikit lengah, terlebih Walter Mazzarri mencoba mencari peruntungan dengan menurunkan Ben Watson menggantikan Valon Behrami untuk memperkuat lini tengah.

Hal itu membuat Watford memperoleh tak kurang dari tiga peluang yang dua di antaranya berhasil diselamatkan penjaga gawang Loris Karius, namun peluang ketiga harus berakhir menjadi gol hiburan bagi tim tamu lewat sepakan kaki kiri Daryl Janmaat pada menit 75.

Daniel Sturridge yang masuk menggantikan Lallana pada menit 71, melepaskan tak kurang dari empat percobaan tembakan dalam kurun waktu 20 menit merumput. Sayangnya tak satupun berbuah gol bagi Sturridge yang belakangan sulit menembus starting line-up Liverpool di liga itu.

Peluang Sturridge pada menit 78 hanya membentur mistar gawang, sementara sepakannya pada menit 82 masih terlalu jinak bagi Pantilimon, kemudian pada menit 88 bola tendangannya masih bisa diantisipasi Pantilimon sebelum membentur mistar gawang.

Pada peluang keempat, Sturridge melepaskan tendangan kencang yang tak mampu diantisipasi sempurna Pantilimon dan bola jatuh ke ruang tembak Wijnaldum yang sigap menyambar demi mencetak gol perdananya untuk Liverpool pada menit 90+1.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Liverpool (4-3-3): Loris Karius (PG); Nathaniel Clyne, Lucas Leiva, Joel Matip, James Milner; Emre Can, Jordan Henderson, Adam Lallana (Daiel Sturrdige); Sadio Mane (Georginio Wijnaldum), Roberto Firmino, Philippe Coutinho (Oviemuno Ejaria)
Pelatih: Juergen Klopp

Watford (4-4-2): Heurelho Gomes (PG/Costel Pantilimon); Daryl Janmaat, Younes Kaboul, Miguel Britos, Jose Holebas; Nordin Amrabat, Valon Behrami (Ben Watson), Etienne Capoue, Roberto Pereyra (Juan Zuniga); Odion Ighalo, Troy Deeney
Pelatih: Walter Mazzarri

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016