London (ANTARA News) - Perusahaan pebisnis pemula Indonesia Ku Ka, atau singkatan dari "Aku Suka" --suatu pijakan yang mengetengahkan karya perancang, pengrajin, dan masakan Indonesia-- terpilih berpartisipasi dalam Program Alpha dari ribuan aplikasi sebagai salah satu pebisnis rintisan unggulan acara Web Summit 2016 di Lisabon, Portugal. 

Web Summit 2016 merupakan ajang pameran teknologi khususnya teknologi internet, demikian pejabat Fungsi Ekonomi Kedutaan Besar Indonesia di Lisabon, Ahmad Nasution, Minggu.

Ku Ka terpilih sebagai 200 besar pebisnis pemula dan diberi kesempatan untuk melakukan PITCH di depan panelist yang terdiri dari juri terkemuka, media massa, dan ribuan peserta Web Summit 2016.

Web Summit diadakan pertama kali di Lisabon di mana pertemuan lima kali sebelumnya diadakan di Dublin, Irlandia. Kali ini Web Summit 2016 buka Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa, yang juga merupakan mantan wali kota Lisabon.

Web Summit 2016 dihadiri sekitar 53.000 partisipan dan sekitar 1.490 perusahaan rintisan telah bergabung dalam acara di Lisabon tersebut. 

Sekitar 2.000 peserta media internasional juga ikut serta dalam acara tersebut. Pertemuan juga telah dihadiri oleh sekitar 1.319 investor top dunia seperti Bessemer Venture Partners, Founders Fund, Techstars, Balderton Capital, Partech Ventures, Accel, Index Ventures, Atomico dan Microsoft.

General Manager, Ku Ka, Denny Novel, mengatakan, ini kehormatan bagi Ku Ka untuk mewakili Indonesia dalam forum tingkat Internasional.

Tercatat dalam Web Summit 2016 hadir enam perusahaan pebisnis pemula dari Indonesia, yaitu Foodgasm. Indonesia, Infinitri, Plomo, Anterin, Dokterku dan Elektronik Virtual Asisten. Pertemuan Web Summit rencananya akan dilakukan kembali di Lisabon pada 2017 dan 2018.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016