Washington, (ANTARA News) - Sebanyak 200.000 rumah tangga Amerika Serikat tidak lama lagi akan memperoleh minyak pemanas murah dari Venezuela setelah cabang perusahaan minyak milik pemerintah negara tersebut, CITGO, mengumumkan peluncuran program itu sehubungan turunnya harga minyak, kata organisasi yang menangani pendistribusian minyak.

"Citizens Energy baru-baru ini telah diinformasikan oleh CITGO bahwa karena harga minyak menurun dan krisis ekonomi dunia, CITGO telah menetapkan untuk mereevaluasi seluruh program sosial mereka termasuk program minyak pemanas," kata juru bicara Citizen Energy Corp. Brian O'Connor.

"Hampir 200.000 rumah tangga di AS" diuntungkan dari program Venezuela itu sejak 2005, kata Citizens Energi seraya menambahkan bahwa donasi minyak Venezuela pada 2007 jumlahnya mencapai 100 juta dolar.

Presiden Venezuela Hugo Chavez pada 2005 membuat kesal pemerintahan Presiden George W.Bush ketika ia mengumumkan program minyak pemanas murah untuk rumah tangga AS di tengah meningkatnya harga minyak.

Sejak Juli lalu, harga minyak telah melemah dari 130 dolar per barel ke sedikit diatas 27 dolar, menambah kekhawatiran di Venezuela, di mana hampir 90 persen dari pendapatan luar negerinya saat ini dari minyak. Pemerintah memperoleh setengah pendaanaannya dari minyak.

Pimpinan Citizens Energy Joseph Kennedy II mengatakan ia secara personal menyampaikan kepada Chavez untuk mempertahankan program minyak diskon.(*)
   

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009