Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta masyarakat Indonesia khususnya generasi muda untuk mengambil hikmah dari berbagai peristiwa panas terkait penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta.

"Mahasiswa harus betul-betul mempelajari serta mengambil hikmah dari berbagai peristiwa panas yang terjadi akhir-akhir ini terutama soal pilkada serentak DKI Jakarta," katanya dalam sosialisasi kepada ratusan mahasiswa UNS, Solo, Jawa Tengah, seperti dilansir keterangan tertulis, Sabtu.

Zulkifli mengatakan, hal yang paling menonjol dari permasalahan Pilkada DKI Jakarta adalah soal bagaimana menyikapi perbedaan yang semestinya sudah menjadi hal biasa di Indonesia.

"Ketidaksukaan kepada calon pemimpin sangat boleh tapi harus sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku dan harus demokratis. Yang tidak boleh adalah memaksakan kehendak," katanya.

Selain itu, melihat berbagai kejadian belakangan ini, Zulkifli mengingatkan generasi muda berhati-hati dan bijak di dunia media sosial karena dampaknya sangat luar biasa.

"Pergunakanlah media sosial dengan tujuan dan maksud yang baik, jangan melakukan hal-hal yang malah merusak kesatuan rakyat Indonesia," kata dia.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016