Tokyo (ANTARA News) - Sebuah arena ski es di Jepang yang membekukan 5.000 ikan mati untuk dijadikan hiasan di lapangan esnya, untuk menarik pengunjung, dipaksa untuk ditutup setelah dihujani serentetan kritik. 

Taman hiburan Space World saat ini mencairkan arena ski es itu-- yang bisa memakan waktu hingga sepekan -- dan akan mengadakan upacara penghormatan bagi ikan-ikan tersebut, kata perusahaan itu.

Arena ski di wilayah barat daya Jepang itu dibuka pada 12 November, dengan 5.000 ikan dibekukan di bawah permukaan es sebagai hiasan saat para pengunjung meluncur di atasnya.

Namun, konsep tersebut dianggap tidak etis dan arena ski di Kota Kitakyushu itu dipaksa untuk ditutup pada Minggu, kata juru bicara Space World, Koji Shibata.

"Kami mendulang berbagai kritik yang mengatakan tidak baik menggunakan makhluk hidup sebagai mainan dan bahwa tidak pantas menyia-nyiakan makanan," katanya kepada AFP pada Senin.

Situs jejaring sosial pun ramai, dengan seorang pengunjung menulis di laman Facebook, "Sebuah arena bermain ski dengan ikan beku... Betapa berdosanya."

“Ini bukan masalah pribadi, tapi sosial. Mereka membuat makanan menjadi mainan tempat anak-anak pergi dan bermain,” kata satu orang lainnya.

Shibata mengatakan ikan tersebut sudah dalam keadaan mati pada saat dibeli dan dianggap tidak layak untuk dijual di pasar.

Toshimi Takeda, manajer umum Space World, mengatakan tujuan pembekuan ikan tersebut untuk memungkinkan pelanggan bersenang-senang, sambil belajar tentang ikan, demikian dikutip dari laporan AFP.  (mr)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016