Jakarta (ANTARA) - Wakil I Ketua Umum (Waketum I) KONI Pusat Mayjen TNI Purn Dr Suwarno mengungkapkan Balige akan menjadi arena cabang olahraga ski air pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara.

"Sementara di Balige itu kan secara internasional pun pernah dipakai untuk olahraga air yang lalu itu untuk sejenis jet ski itu (Aquabike World Jetski Championship), nah ini nanti akan kita gunakan kalau tidak ada perubahan dari delegasi teknik kemarin yang kami kirim menyetujui itu, mungkin akan digunakan pertama untuk ski air dan open water swimming," kata Suwarno kepada pewarta di Jakarta, Rabu.

Suwarno menjelaskan pemilihan Balige yang berlokasi di Danau Toba sebagai arena ski air bukan semata-mata didasarkan pada latar belakang bahwa Balige pernah menyelenggarakan kejuaraan internasional Aquabike World Jetski Championship namun didasarkan pada spesifikasi teknis dari penilaian delegasi teknis.

"Bukan semata-mata itu (pernah menyelenggarakan Aquabike World Jetski Championship), tetapi punya spesifikasi teknis arena berdasarkan penilaian delegasi teknis yang sudah melakukan kunjungan di lapangan," ungkap Suwarno yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024.

Baca juga: KONI Pusat: Renovasi arena PON 2024 sudah dimulai secara simultan

Untuk persiapan PON di Sumatera Utara, Suwarno menjelaskan di sana tengah dibangun stadion di Desa Sena, Deli Serdang, yang mempunyai standar sama dengan Stadion Manahan, Solo. 

"Khusus untuk Sumut, sudah dimulai pembangunan stadion dengan standar Stadion Manahan, Solo, untuk sepak bola, sehingga nanti harapannya itu juga akan selesai seiring dengan sport center di tempat yang sama. Mereka (Pemda Sumut) sekarang juga sedang membangun stadion untuk atletik kemudian satu GOR yang digunakan untuk martial art dan beberapa fasilitas yang akan direnovasi di wilayah Sumut," urai Suwarno.

PON 2024 Aceh-Sumatera Utara dijadwalkan berlangsung pada 8-20 September. PON edisi ke-21 ini menjadi penyelenggaraan PON pertama yang dilangsungkan di dua provinsi.

Baca juga: Bimtek pendaftaran peserta PON 2024 resmi dibuka
Baca juga: Ketum KONI Pusat buka gelaran Road to PON di Kota Palu

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024