Hari ini datang ke sini untuk memperingati dan menggalakkan semangat menanam pohon nasional
Jakarta (ANTARA News) - Calon gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono menebarkan semangat menanam pohon dengan memberikan bibit tanaman soka kepada masyarakat Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta, Senin.

"Hari ini datang ke sini untuk memperingati dan menggalakkan semangat menanam pohon nasional. Saat yang sama, Mpok Sylvi juga menanam pohon di Cilincing," kata Agus saat memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 November.

Ia dan calon wakil gubernur pasangannya Sylviana Murni menyebut akan berkomitmen tinggi untuk lingkungan hidup untuk menuju Jakarta smart, kreatif dan hijau.

Cagub dari poros Cikeas itu pun meyakini semua orang bertanggung jawab menghijaukan Jakarta, apalagi kondisinya semakin lama semakin mengkhawatirkan dengan semakin banyak penduduk, perkantoran dan kendaraan.

Polusi dan pencemaran di Ibu Kota, katanya, juga membahayakan dalam jangka panjang, serta tidak diimbangi dengan proporsi ruang terbuka hijau yang idealnya 30 persen.

"Meski begitu, kita jangan putus asa. Kita bisa melakukan hal kecil untuk kemajuan yang lebih baik," tutur pria 38 tahun itu.

Penanaman pohon simbolis dalam kesempatan itu, ucap suami artis Annisa Pohan tersebut, bertujuan memberikan gambaran gerakan hijau dapat dimulai dari komunitas paling kecil yang memiliki peran paling penting.

Ia memberikan semangat kepada warga untuk terus menanam pohon serta memeliharanya agar Ibu Kota semakin hijau dan teduh.

Hari Menanam Pohon Indonesia diperingati setiap 28 November dan sekaligus Bulan Menanam Nasional. Sementara Hari Pohon Sedunia diperingati pada 21 November 2015.

Pewarta: Dyah Dwi A
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016