Dumai, Riau (ANTARA News) - Jenazah Sersan Satu Bayu S Putra, prajurit TNI yang tewas dalam kecelakaan helikopter Bell-412 di Malinau, Kalimantan Utara disambut upacara militer di Bandara Pinang Kampai Dumai, Selasa pukul 15.08 WIB.

Sertu Bayu S Putra merupakan anak dari pasangan Nurbay Tanjung dan Delima yang berasal dari Kota Dumai. Sesuai keinginan orangtua dan keluarga. ia akan dimakamkan di tanah kelahiran dan dilakukan upacara secara militer oleh TNI.

Upacara militer penyambutan kedatangan jenazah Sertu Bayu S Putra diikuti sejumlah petinggi TNI di Kota Dumai. Kemudian, usai peti diturunkan dari pesawat langsung dibawa ke rumah duka di RT 09 Gang Pusaka Jalan Bintan Dumai dengan ambulans.

Di rumah duka, keluarga dan masyarakat serta pejabat daerah dan aparat TNI Polri sudah menunggu kedatangan jenazah. Terpantau juga banyak berdiri papan ucapan duka cita, salah satunya dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo beserta petinggi TNI.

Kedatangan jasad prajurit yang gugur dalam tugas itu juga menjadi perhatian masyarakat yang sudah memadati gang sempit di rumah duka di kediaman orangtua Sertu Bayu.

Usai shalat jenazah, kemudian Sertu Bayu akan disemayamkan sebentar di rumah duka, dan selanjutnya dilakukan pelepasan menuju Taman Makam Pahlawan Damai Sentosa untuk pemakaman secara militer.

Sebelumnya, Wali Kota Dumai Zulkifli As melayat ke rumah duka untuk menyampaikan rasa belasungkawa kepada orangtua dan keluarga Sertu Bayu.

"Sertu Bayu ini bisa jadi contoh untuk pemuda Dumai karena berkorban jiwa raga untuk bangsa dan negara, kita turut berduka cita," kata Zulkifli di rumah duka.

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016