....Tidak mudah mendapatkan koleksi karya seni yang tergolong langka dan berkualitas ini."
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 154 karya seni yang terdiri dari karya lukis dan patung yang berasal dari seniman dari lima negara akan dilelang di Malinda Design Centre (MDC), Kemang Raya No 8, Jakarta Selatan, Sabtu.

"Kami rutin menggelar lelang seni di Singapura. Tapi memang di Jakarta sempat vakum. Sekarang kami ingin aktifkan kembali," ujar Perwakilan Specialist 33 Auction Jakarta sebagai penyelenggara lelang, Karyadi, di Jakarta, Jumat.

Karya lukis tersebut berasal dari seniman lima negara yaitu Indonesia, Tiongkok, Thailand, Korea, dan Filipina.

Untuk karya seniman Filipina, pihaknya sengaja menyiapkan sesi khusus dalam lelang tersebut.

"Lelang karya seni khusus seniman old master Filipina baru yang pertama kali di Indonesia. Tidak mudah mendapatkan koleksi karya seni yang tergolong langka dan berkualitas ini," jelas Karyadi.

Salah satu mahakarya dari seniman Filipina yang akan dilelang yaitu karya seniman Fernando Cueto Amarsolo berjudul "Harvesting Fruits". Selain juga ada karya seniman Isabelo Tampinco, Roger San Miguel, dan Vincente Silva Manansala dari Filipina.

"Karya seni seniman Filipina bagus dan berkualitas. Banyak juga karya-karya old master terkenal dari seniman Filipina, cukup menonjol juga."

Untuk karya seniman Indonesia yang dilelang juga tidak kalah banyak. Ada karya maestro Basuki Abdullah, Affandi, H Widayat, S Soedjojono, dan Antonio Blanco.

Menariknya, berbeda dari lelang seni yang umumnya hanya menghadirkan karya seni tinggi berharga selangit, lelang kali ini sedikit berbeda. Pihaknya ingin juga mengembangkan pasar menengah, anak muda, yang suka seni tapi belum mau membeli yang terlalu mahal.

"Ada banyak pilihan dari karya seniman muda juga. Tapi ada juga yang karya seni tinggi dengan harga super murah. Mulai dari Rp 500 jutaan," kata Karyadi lagi.

Sementara itu, perwakilan Spesialist 33 Auction Singapura David Fu mengatakan, lelang kali ini membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pecinta seni untuk melakukan penawaran.

"Tidak harus datang, bisa juga melakukan penawaran lewat telepon, situs 33 Auction, atau bisa juga lewat aplikasi yang didownload lewat Google Play maupun Apple Store," terang David.

Hal itu dilakukan, supaya pecinta seni leluasa melakukan penawaran untuk karya seni yang mereka inginkan.

"Ini salah satu cara kami agar lelang seni semakin diminati dan bisa dijangkau seluruh kalangan," pungkas David.

Pewarta: Indriani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016