Bogor (ANTARA News) - Warga RW 9, Perumahan PGRI Ciampea III, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memilih untuk "nonton bareng" (nobar) final pertandingan Piala AFF 2016 di Pos Ronda, Rabu malam.

Keseruan "nobar" final AFF di Pos Ronda RW 9 terlihat dari kehebohan para penonton yang didominasi kalangan pria. Mereka meneriakkan yel-yel dan gol untuk menyemangati tim nasional yang tengah bertanding di Stadion Pakansari, Cibinong.

Dari layar kaca televisi berukuran 20 inci yang ada di Pos Ronda, warga menyaksikan dengan keceriaan dan penuh semangat pertandingan tim Garuda melawan kesebelasan Thailand.

Pekikan dan teriakan keras membahana dari pos ronda menambah keseriuan menyaksikan tim Garuda berlaga. Warga nonton sambil menikmati kopi dan cemilan ringan yang disediakan warga.

Ketua RW 9, M Dahlan mengatakan, "nonton bareng" sengaja dilakukan untuk meningkatkan silaturahmi antar warga, sekaligus menjaga kekompakan.

"Seru-seruan aja bisa nobar apalagi ini Final AFF yang kita nanti-nantikan," kata Dahlan.

Menurut dia, kegiatan "nonton bareng" rutin diagendakan pihaknya pada momen-momen tertentu, salah satunya saat 17 Agustus. Selain jadi hiburan bagi warga juga mendekatkan hubungan antarwarga sekitar.

"Tidak perlu repot-repot nonton di Stadion, susah dapatkan tiket, dari rumah kami juga bisa menyaksikan tim nasional bertanding. Ini jadi kebanggaan Bogor jadi tuan rumah Final AFF," kata Dahlan.

Perumahan PGRI Ciampea III dihuni sekitar 150 kepala keluarga. Selain menggelar nonton bareng, warga juga bergotong-royong melakukan ronda bersama menjaga keamanan komplek.

"Kami berdoa semoga Timnas Indonesia bisa menyusul mencetak gol, sehingga bisa menang di AFF kali ini," kata Ketua RT 2 Bambang.

Final AFF 2016 dinanti-nantikan oleh warga Kabupaten Bogor yang menjadi tuan rumah. Ribuan warga rela mengantri untuk mendapatkan tiket masuk yang dijual di Makodim 062 sebanyak 5.000 lembar, Selasa (13/12).

Hingga babak pertama, Tim nasional Thailand memimpin perolehan nilai sementara 1-0 atas kesebelasan Indonesia. Sementara itu, Indonesia harus kehilangan pemain andalan Andik Vermansyah yang mengalami cidera pada menit ke 11. 

Akhir babak kedua, Indonesia menutup leg pertama ini dengan kemenangan 2-1 atas Thailand. 

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016