Kami memperkirakan puncak Natal akan terjadi 23 dan 24 Desember 2016 dan puncak arus libur Tahun Baru pada 30 dan 31 Desember 2016."
Merak (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) cabang Merak menyiapkan sebanyak 54 kapal "roll on roll of" (roro) untuk melayani angkutan Natal dan Tahun Baru 2017.

"Kami berharap penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo di Merak, Sabtu.

Dari 84 kapal yang melayani penyeberangan lintasan Merak-Bakauheni, Lampung, hanya 54 kapal yang siap dioperasikan.

Selain itu juga ASDP Merak memaksimalkan loket layanan tiket untuk mengantisipasi penumpukan orang dan kendaraan khususnya di waktu arus puncak.

Saat ini, ASDP Merak memiliki 22 toll gate yang terdiri dari delapan loket sepeda motor (4 reguler, 4 tambahan), 10 loket kendaraan roda empat (4 reguler, 6 tambahan di Kajima), dan empat unit loket untuk truk dan bus.

Disamping itu juga tersedia 17 loket penumpang yang terdiri dari delapan loket reguler, empat loket cadangan, satu loket dari stasiun KA, dan empat loket tambahan.

"Kami memperkirakan puncak Natal akan terjadi 23 dan 24 Desember 2016 dan puncak arus libur Tahun Baru pada 30 dan 31 Desember 2016," katanya menjelaskan.

Menurut dia, penumpang angkutan Natal dan Tahun Baru yang menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Merak diperkirakan naik sekitar tiga persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Kenaikan penumpang tersebut sudah diantisipasi dengan perbaikan infrastruktur sarana prasarana,termasuk pengoperasian dermaga VI.

Begitu juga fasilitas untuk penumpang pejalan kaki dan kendaraan sehingga tidak terjadi kemacetan maupun penumpukan penumpang.

"Kami komitmen mengutamakan pelayanan kepada masyarakat yang hendak merayakan Natal dan Tahun Baru dengan lancar serta selamat sampai tujuan," katanya.

Ia mengatakan, penumpang angkutan Natal dan Tahun Baru terjadi kenaikan sekitar tiga persen hingga mencapai 844.988 orang.

Sedangkan, kendaraan roda dua diperkirakan naik lima persen menjadi 33.996 unit dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 32.377 unit.

Kendaraan kecil naik lima persen dari 80.674 unit tahun lalu menjadi 84.708 unit tahun ini.

"Kami minta penumpang agar mewaspadai cuaca hujan dan angin kencang sehubungan laporan BMKG Banten," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016