Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menerima Anugerah Hamengku Buwono (HB) IX dari Universitas Gadjah Mada (UGM), pada saat puncak peringatan Dies Natalis ke-67 UGM.

"Retno Marsudi memperoleh Anugerah HB IX di bidang kemanusiaan," ujar Rektor UGM, Prof Dwikorita Karnawati, dalam keterangan tertulis, pada saat pemberian anugerah itu, di Grha Sabha Pramana, Yogyakarta, Senin.

Menurut Karnawati, Marsudi terpilih meraih Anugerah HB IX karena dinilai sebagai tokoh yang memiliki komitmen kuat untuk kepentingan kemanusiaan dan memajukan perdamaian dunia.

Selain gigih memperjuangkan dan melindungi masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri, Marsudi juga dinilai gigih dalam memperjuangkan masyarakat Rohingnya.

"Beliau juga gigih memperjuangkan kedaulatan Indonesia melalui diplomasi," kata dia.

Dia mengatakan, Anugerah HB IX diberikan kepada tokoh yang memenuhi sejumlah kriteria yang ditetapkan.

Marsudi sebagai alumnus Fakultas Hukum UGM, dianggap sebagai tokoh yang mampu meneruskan perjuangan Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Tokoh nasional ini dikenal sebagai tokoh dan pejuang kemerdekaan yang nasionalis dan bercita-cita tinggi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, kemanusiaan, serta kebudayaan.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016