Jakarta (ANTARA News) - Gelandang Barcelona asal Turki, Arda Turan, mencetak tiga gol saat timnya mengalahkan Hercules dengan skor 7-0 pada laga Copa del Rey (Piala Raja Spanyol) di Stadion Camp Nou, Rabu malam waktu Spanyol atau Kamis pagi waktu Indonesia.

Barcelona pun lolos ke babak 16 besar Copa del Rey dengan agregat 8-1 (1-1 leg pertama dan 7-0 leg kedua) menyusul sejumlah tim besar lain yang sudah lolos duluan antara lain Real Madrid, Atletico Madrid, Villarreal, Valencia dan Sevilla.

Pada laga ini Barcelona mengistirahatkan tiga penyerang utama Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar untuk memberi kesempatan bermain pemain cadangan di antaranya Arda Turan, Rafinha, dan Paco Alcacer.

Klub berjuluk Blaugrana itu membutuhkan waktu hingga menit ke-37 untuk menjebol gawang Hercules lewat tendangan voli yang dilepaskan Lucas Digne yang meneruskan umpan dari Rafinha.

Ivan Rakitic menggandakan keunggulan Barcelona memanfaatkan tendangan penalti menyusul pelanggaran Rojas kepada Arda Turan menit 45. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Hercules yang bermain di divisi dua Liga Spanyol tertinggal tiga gol dari Barcelona setelah Rafinha mencetak angka dari aksi individunya melewati pemain lawan pada menit 50.

Lima menit kemudian, tandukan Arda Turan dari umpan Aleix Vidal mengubah kedudukan menjadi 4-0.

Bekas penyerang Valencia, Paco Alcacer, ikut menyumbang gol sekaligus mengantar Barcelona unggul 5-0 meneruskan umpan mendatar yang dilepaskan Rafinha pada menit 73.

Arda Turan menjadi pemain paling menonjol pada laga ini karena mencetak dua gol pada menit 86 dan 89 untuk memastikan pasukan Luis Enrique melaju ke babak 16 besar. Demikian Skysports.

Susunan pemain:

Hercules (4-5-1):
Ivan; Dalmau, Roman, Pol, Rojas, Pena; Chechu, Checa, Berrocal, Minano; Gaspar.
Barca subs: Masip, Busquets, Alba, Roberto, Iniesta.

Barcelona (4-3-3): Cillessen; Aleix Vidal, Mascherano, Umtiti, Digne; Gomes, Rakitic, Denis; Arda, Rafinha, Alcacer.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016