Hasil pantauan kami menunjukkan relatif stabil, pasokan distributor cukup dan aman serta kondisi pelabuhan berjalan lancar
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan bahwa stok dan harga kebutuhan pokok stabil menghadapi libur Natal dan pergantian tahun.

"Hasil pantauan kami menunjukkan relatif stabil, pasokan distributor cukup dan aman serta kondisi pelabuhan berjalan lancar," kata Enggartiasto ketika menggelar pertemuan dengan pewarta di Jakarta, Jumat.

Enggartiasto menyebutkan gejolak harga biasanya disebabkan oleh tiga hal, pertama adalah transportasi. Transportasi terhambat apabila ada kebijakan larangan distribusi atau buka tutup jalan terkait dengan libur panjang tahun baru dan Natal.Ketimpangan transportasi tersebut menyebabkan ketimpangan di berbagai daerah.

Kemudian yang kedua, upaya spekulasi dari pedagang untuk memanfaatkan stok barang. Dan yang ketiga adalah cuaca. Setiap akhir tahun curah hujan pasti tinggi, sehingga menghambat proses distribusi dari laut atau darat.

Sejumlah kebutuhan pokok seperti beras, gula, bawang merah, cabai, daging sapi, daging ayam, dan minyak goreng menjadi perhatian dari Kementerian Perdagangan.

Harga dari beberapa komoditas per tanggal 22 Desember 2016 terpantau turun dibandingkan minggu sebelumnya. Namun, di beberapa daerah juga masih mengalami kenaikan harga.

Berdasarkan hasil pantauan, Mendag menjamin bahwa pasokan barang kebutuhan pokok aman hingga tiga bulan ke depan. Stok di tingkat distributor untuk komoditas tidak mudah rusak seperti beras, gula, minyak goreng dan tepung terigu terpantau aman.

"Saat ini, jelang tahun baru, para distributor telah mengantisipasi dengan menambah persediaan barang untuk memenuhi kenaikan permintaan," katanya.

Sedangkan, stok beras divisi regional di beberapa daerah juga dilaporkan cukup dan aman untuk memenuhi kebutuhan hingga Maret 2017. Stok tersebut terdiri dari beras PSO (untuk raskin dan operasi pasar) dan stok beras komersial.

Mendag juga sudah berkoordinasi dan pertemuan dengan beberapa asosiasi untuk mengetahui volume ketersediaan pasokan dan jangka waktu ketersediaan.

Ia meminta para pelaku usaha tidak berusaha menaikkan harga barang dagangan pada momentum libur pergantian tahun dan Natal. Kalau pun dinaikkan, Mendag akan memberikan harga acuan yang sudah ditetapkan nantinya.

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016