Jakarta (ANTARA News) - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan biaya transportasi yang tinggi di Jakarta harus ditekan agar tidak membebani masyarakat.

"Di Jepang, biaya transportasi hanya delapan persen dari seluruh penghasilan warga. Di Jakarta saat ini, biaya transportasi mencapai 30 persen dari penghasilan warga," kata Anies di Jakarta, Jumat.

Karena itu, Anies berjanji akan menekan biaya transportasi di Jakarta. Tidak ingin muluk-muluk seperti di Jepang yang hanya delapan persen dari penghasilan, Anies menargetkan bisa menekan biaya transportasi di Jakarta hingga 15 persen.

"Dengan program yang kami siapkan, kami berharap biaya transportasi di Jakarta bisa ditekan hingga 15 persen dari penghasilan warga," tuturnya.

Untuk menekan biaya transportasi, Anies mengatakan akan menambah kapasitas transportasi massal yang ada di Jakarta bila terpilih sebagai gubernur pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

Jumlah armada dan trayek angkutan umum yang ada sekarang, akan ditambah sehingga mobilitas warga Jakarta lebih lancar dan tidak terganggu dengan kemacetan.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016