Jauh lebih baik dibanding hari kemarin"
Bogor (ANTARA News) - Situasi arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan Kota Bogor, Jawa Barat pada libur akhir pekan bertepatan dengan Hari Raya Natal 25 Desember 2016 terpantau ramai lancar.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bogor Kota AKP Bramastyo Priadji saat dihubungi Antara, Minggu, mengatakan siang ini arus relatif ramai lancar dibandingkan hari kemarin.

"Situasi arus kondusif, masih terkendali. Jauh lebih baik dibanding hari kemarin," kata Bram.

Menurut Bram, ada beberapa titik yang masih mengalami kepadatan, seperti di Jl Kapten Muslihat depan Stasiun Bogor, penyumbatan terjadi karena keluar masuk penumpang kereta dan jemaat gereja yang selesai Misa Natal.

Kepadatan lainnya terjadi di Jl Jalak Harupat menuju Jl Pajajaran. Perlambatan arus terjadi karena keluar masuk pengunjung Kebun Raya Bogor dan salah satu pusat perbelanjaan.

Antrian kendaraan juga terlihat di Jl Otista menuju Jl Juanda, penyumbatan terjadi karena penyempitan ruas jalan di jembatan sehingga menyebabkan terjadinya "bottle neck".

Menurut Bram, situasi arus lalu lintas di Kota Bogor hampir sama seperti akhir pekan biasa. Pihaknya mengerahkan 240 personel Satlantas Polresta Bogor Kota untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas.

"Kepadatan sempat terjadi pagi hari, karena aktivitas jemaat keluar dan pulang beribadah. Terutama di gereja besar," katanya.

Titik kepadatan seputar gereja terjadi di Jl Juanda depan Gereja Zebouth, Jl Kapten Muslihat di Gereja Katedral, gereja di Sukasari, dan Paledang.

Untuk mengurai kemacetan, lanjut Bram, pihak memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti di lampu merah Jl Pajajaran depan Tugu Kujang. Lampu hijau akan diperlama durasinya untuk mendorong kendaraan dari arah Jl Jalak Harupat.

"Kami juga mendorong kendaraan yang akan berbelok ke Masjid Raya, berputar di Bale Binarum. Untuk mengurangi kepadatan di depan Ada Swalayan," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016