Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga setempat agar mewaspadai potensi angin kencang pada Senin (26/12).

"Waspadai potensi angin kencang berkisar 6-28 kilometer per jam yang disertai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat serta petir pada siang dan sore terutama di wilayah Bangka Bagian Utara dan Tengah serta Belitung," kata staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang, Deas Achmad Rivai, Minggu.

Daratan Mentok, Jebus, Belinyu, Tanjungpandan, Sungailiat, Pangkalpinang, Sungai Selan, Manggar, dan Selat Nasik berpotensi hujan sedang.

"Hanya daratan di Koba dan Toboali yang berpotensi hujan ringan. Suhu udara di Babel berkisar 23-32 derajat celcius dengan kelembaban udara 66-974 persen. Waspadai kondisi cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu terutama dalam skala lokal," ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada nelayan tradisional untuk mewaspadai ketinggian gelombang laut di perairan di provinsi ini karena bisa berubah kapan saja.

Tinggi gelombang signifikan di perairan Selat Bangka berkisar 0,5 meter, Selat Gelasa, Utara Bangka dan Selat Karimata masing-masing 1,25 meter dan Selatan Bangka 1 meter.

"Waspadai potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 2-3 meter di Selat Gelasa, Perairan Utara Pulau Bangka dan Selat Karimata," ujarnya.

Sementara itu, pasang air laut maksimum di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,72 meter, Membalong Belitung 2,07 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur 1,83 meter, dan Toboali Bangka Selatan 1,73 meter.

Kemudian di Muntok Bangka Barat 1,05 meter, Tanjungpandan Belitung 1,11 meter dan Belinyu Kabupaten Bangka 1,03 meter.

Pewarta: Donatus DP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016