Purwakarta (ANTARA News) - Kendaraan besar seperti truk dan bus tujuan Bandung dan sekitarnya memadati jalan raya arteri Purwakarta, Jawa Barat hingga mengakibatkan kemacetan panjang pada Rabu, menyusul pengalihan arus lalu lintas Tol Cipularang.

Seorang pengendara truk yang terjebak macet, Tedi, di Purwakarta, mengatakan, kemacetannya cukup panjang hingga mengakibatkan jarak tempuh yang cukup lama.

"Dari Gerbang Tol Cikampek, Cikopo. Saya menempuh perjalanan hingga tiga jam untuk sampai wilayah Ciganea, Purwakarta," katanya.

Jarak tempuh yang mencapai tiga jam dari wilayah Cikopo hingga Ciganea itu cukup lama saat terjadi kemacetan di jalan Arteri Purwakarta. Biasanya, jarak tempuh Cikopo-Ciganea hanya sekitar 40-45 menit.

Jalan Arteri Purwakarta sendiri menerima limpahan kendaraan-kendaraan besar akibat adanya perbaikan jembatan Cisomang Tol Padalarang.

Petugas melakukan pengalihan arus lalu lintas kendaraan-kendaraan besar agar tidak melewati jalan Tol Cipularang, dan hanya bisa dilintasi kendaraan pribadi.

Sementara itu, sistem buka-tutup masih diberlakukan di ruas jalan Arteri Purwakarta untuk kendaraan besar, sementara kendaraan kecil arusnya dialihkan menuju kawasan kota Purwakarta.

Petugas dari Satuan Lalu Lintas Polres Purwakarta dibantu petugas Dinas Perhubungan dan Satpol PP masih terlihat melakukan pengaturan lalu lintas.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016