Jakarta (ANTARA News) - Rangkaian perayaan hari ulang tahun ke-80 Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA telah dimulai. 

Salah satu penandanya peluncuran dan penempelan stiker logo 10 Windu Kantor Berita Indonesia di beberapa kendaraan operasional kantor berita milik negara ini, di Wisma ANTARA, di Jakarta, Selasa siang.

Direktur Utama Perusahaan Umum LKBN ANTARA, Meidyatama Suryodiningrat, mengatakan, 2017 merupakan tahun khusus dan tahun perubahan transformasi Kantor Berita ANTARA; salah satunya persiapan konvergensi redaksi dan rangkaian kegiatan yang berkesinambungan selama satu tahun penuh.

Meidyatama menjelaskan, logo warna oranye yang berbentuk angka 10, tulisan "WINDU" dan angka "1937-2017" itu mempunyai dua makna.

Pertama, dengan penyebutan 10 Windu Kantor Berita Indonesia sebagai ganti usia 80 tahun. "Kami mencoba memberikan kesan, bukan usia yang terpenting tapi makna peringatan itu sendiri. 10 windu ini memberikan suatu branding yang sedikit berbeda bagi LKBN ANTARA," katanya.

Kedua adalah kata-kata "KANTOR BERITA" itu sendiri. Menurut dia, Kantor Berita ANTARA sudah berdiri sebelum Republik Indonesia berdiri, dan mengawal kemerdekaan Indonesia, dan terus mengawal perjalanan bangsa Indonesia.

"Kami satu-satunya institusi yang bisa menyebut diri kami sebagai Kantor Berita Indonesia sejak sebelum adanya Indonesia dan terus sepanjang adanya Indonesia," katanya.

Kantor Berita ANTARA berdiri pada 13 Desember 1937 di Jakarta oleh empat pemuda wartawan pejuang nasional, Adam Malik, Soemanang, Albert M Sipahutar, dan Pandu Kartawiguna.

Berita bahwa Indonesia telah merdeka dalam upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui pembacaaan naskah proklamasi yang ditandatangani proklamator, Soekarno-Hatta, diluncurkan Kantor Berita ANTARA pada 17 Agustus 1945. 

Lebih lanjut Ketua Panitia HUT 10 Windu Kantor Berita ANTARA, Nurul A Badar, mengatakan, berbagai agenda telah disiapkan. 

Itu adalah seminar Bursa Efek Indonesia, pemberian penghargaan kepada tokoh inspiratif melalui ANTARA Award, lokakarya Literasi Media di 10 kota, aktivitas yang melibatkan perusahaan dan kedutaan besar negara-negara sahabat di TMII, Pekan Film Teguh Karya, sepeda gembira, lomba futsal, lomba dai cilik, serta sejumlah kegiatan lain di Biro Antara Daerah.

Terkait stiker, dia menjelaskan, penempelan stiker tersebut tidak hanya dilakukan terhadap kendaraan-kendaraan operasional Kantor Berita ANTARA di Jakarta tetapi juga pada kendaraan operasional 34 biro provinsi Kantor Berita ANTARA.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017