Pekanbaru (ANTARA News) - Pihak Managemen Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru mengklaim ada peningkatan penumpang sebesar 8-10 persen pada perayaan Tahun Baru Imlek 2568 atau 2017 Masehi.

"Hingga pukul 12.55 WIB Sabtu siang ini jumlah penerbangan yang berangkat dari SSK II sebanyak 19 kali," kata Officer In Charge (OIC) on Duty Bandara SSK II Bambang Setiawan kepada antara di Pekanbaru, Sabtu.

Bambang Setiawan menjelaskan peningkatan penumpang ini karena hari ini Sabtu akhir pekan sekaligus bertepatan dengan libur perayaan Tahun Baru Imlek.

Ia mengemukakan hingga tengah hari jumlah penumpang yang berangkat dari SSK II Pekanbaru sudah mencapai 1.967 orang.

Sementara sebut dia disatu sisi untuk penerbangan kedatangan ke Bandara SSK II hingga waktu yang sama sudah ada 15 kali.

"Dengan jumlah penumpang 1.639 orang," ucapnya pula.

Bambang a menilai sejauh ini kepadatan penumpang atau load faktor rata-rata diatas 70 persen.

Bambang juga mencoba membandingkan untuk jumlah penerbangan pada satu hari menjelang perayaaan Tahun Baru Imlek yakni Jumat kemaren totalnya ada 36 kali.

"Jumlahnya flight kemarin H-1 Imlek yang mendarat di SSK II Pekanbaru 36 kali sama persis dengan yang berangkat 36 sehingga ada 72 penerbangan," bebernya.

Untuk 72 penerbangan datang dan pergi ini tercatat jumlah penumpang yang terangkut 11.192 orang.

"Dengan rincian datang sebanyak 5.670 orang dan yang berangkat 5.512," tegasnya.

Ia menambahkan guna mengantisipasi lonjakan penumpang sejauh ini belum ada penambahan penerbangan atau ekstra flight oleh jasa penerbangan.

"Semua masih normal, diperkirakan tren ini biasanya akan berlangsung hingg cap gomeh dan dilanjut cengbeng?," katanya menambahkan.

Berbicara keamanan dan pengawasan bandara sendiri sebutnya, pihaknya seperti biasa tetap menjalankan sesuai Standar Operasional Pekerjaan (SOP).

"Sejauh ini situasi aman terkendali kewaspadaan tetap ditingkatkan sesuai SOP guna mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu keselamatan penerbangan," tutupnya mengakhiri.

Sekedar indformasi pada perayaan Tahun Baru Imlek ini pihak Angkasa Pura II menanmpilkan atraksi barongsai di pelataran dan ruang tunggu penumpang.

Tidak ketinggalan ornamen-ornamen menyambut Imlek juga memeriahkan tampilan bandara.

Bekerja sama dengan Vihara Surya Dharma Bandara SSKII menampilkan atraksi barongsai di area publik dan ruang tunggu keberangkatan.

Pewarta: Fazar Muhardi/Vera Lusiana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017