Batam (ANTARA News) - Bandara Internsional Hang Nadim Batam sepanjang Jumat dipadati penumpang menuju ke berbagai tujuan pada libut Tahun Baru Imlek 2568 akhir pekan ini.

"Pantauan kami sejak pagi memang penuh dengan masyarakat yang hendak meninggalkan Batam untuk merayakan Imlek," kata General Manager Umum Bandar Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, di Batam.

Ia mengatakan, penerbangan yang dipadati penumpang antara lain tujuan Bandara Kuala Namu Medan, Supadio Pontianak, Juanda Surabaya, dan Pangkal Pinang Bangka Belitung.

Saat ini untuk penerbangan Batam-Surabaya dilayani oleh Lion Air dan Citilink masing-masing dua kali per hari. Sementara Pangkal Pinang dilayani Lion Air.

Untuk tujuan Medan Sumatera Utara dilayani Garuda Indonesia, NAM Air, Lion Air, dan Citilink. Sementara Batam-Pontianak dilayani Lion Air dan Citilink.

"Tujuan-tujuan itu full penumpang karena memang banyak yang mudik untuk merayakan Imlek di kampung halaman. Untuk tujuan lain tidak terlalu padat," kata dia.

Pantauan di depan terminal Keberangkatan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, pihak manajemen terpaksa harus menggunakan pintu masuk internasional untuk mengurai antrean penumpang yang hendak checkin.

"Peningkatan sudah terjadi sejak Kamis dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 8.125 orang. Sampai siang tadi sekitar 4.000 orang sudah berangkat. Prediksi kami hingga penerbangan terakhir nanti akan lebih banyak dibandingkan Kamis," kata dia.

Meskipun terjadi kenaikan jumlah pemudik, kata Suwarso, namun tidak ada maskapai yang memberlakukan penerbangan tambahan dari Bandara Hang Nadim Batam.

"Seluruh penumpang bisa terangkut dengan jadwal reguler. Tidak ada satupun maskapai memberlakukan tambahan penerbangan," kata Suwarso.

Pewarta: Larno
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017