Jakarta (ANTARA News) - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali melantik Achmad Setyo Pudjoharsoyo sebagai Sekretaris Mahkamah Agung (Sekma) yang baru, untuk menggantikan Nurhadi.

"Saya melantik Saudara Achmad Setyo Pudjoharsoyo sebagai Sekretaris Mahkamah Agung RI. Semoga Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan lindungan dan tuntunannya," ujar Hatta saat melantik Pudjoharsoyo di Gedung Mahkamah Agung Jakarta, Selasa.

Pudjoharsoyo merupakan mantan ketua Pengadilan Negeri Kelas 1A Khusus Jakarta Barat yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Sekma menggantikan Nurhadi Abdurachman yang mengundurkan diri pada Juli 2016.

Presiden Joko Widodo menetapkan Pudjoharsoyo sebagai Sekretaris MA melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22/TPA Tahun 2017 pada 23 Januari 2017.

Pudjoharsoyo akan memimpin oganisasi kesekretariatan MA yang membawahi 828 satuan kerja dan 31.783 personel di seluruh Indonesia, serta membawahi tiga direktorat jenderal, satu badan pengawasan, satu badan litbang diklat, dan satu badan urusan administrasi.

Sebelumnya, selain Pudjoharsoyo, dua nama calon sekretaris MA lainnya yang dinyatakan lolos seleksi yaitu Pelaksana Tugas Sekretaris MA Aco Nur dan mantan Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan Imron Rosyadi.

Jabatan Sekretaris MA mengalami kekosongan setelah pejabatnya Nurhadi mengundurkan diri, akibat dugaan kasus suap yang menjerat dirinya.


Pewarta: Maria Rosari
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017