Ini 5 jajanan Thailand yang wajib dicoba

Ini 5 jajanan Thailand yang wajib dicoba

Seorang pengunjung menikmati makanan di tepi Jalan Rama 1 Bangkok, Thailand, yang mulai buka malam hingga dini hari. (ANTARA News/ Natisha)

Bangkok (ANTARA News) - Jalan-jalan ke Bangkok, Thailand, tidak lengkap tanpa mencoba jajanan pinggir jalan, street food, yang buka nyaris 24 jam.

Bila menginap di pusat kota, seperti Si Lom dan Siam, tidak perlu khawatir kehabisan makanan karena jajanan sangat mudah ditemui di sepanjang trotoar, berupa kafe atau warung pinggir jalan.

Lima jajanan ini wajib dicoba dan mudah didapat di pinggir jalan Bangkok dengan harga yang terjangkau. Sebaiknya siapkan baht dalam pecahan kecil agar tidak sulit.

1. Teh Thailand (Thai Tea)

Teh khas Thailand memang dapat ditemukan di mana saja, bahkan banyak gerai di mal Jakarta yang menjualnya. Tapi, tidak ada salahnya mencoba langsung di tempat asalnya. Campuran teh pekat dengan susu ini sangat cocok diminum dingin siang hari, sambil berjalan-jalan berkeliling Bangkok yang panas.

Ingat, cukup bilang milk tea, atau chaa yen dalam bahasa setempat. Beberapa pedagang memasang wajah bingung bila kita memesan Thai tea.









2. Salad Pepaya

Som tam atau salad pepaya ini dibuat dari pepaya muda serut yang diberi kecap ikan gurih, irisan bawang merah, dan potongan tomat. Segarnya salad berasal dari air jeruk nipis ditambah pedas cabai rawit, ditambah taburan kacang tanah.

Salad pepaya ini cocok dimakan bersama sticky rice (seperti ketan) atau untuk teman makan daging goreng/panggang.









3. Pad Thai
Makanan ini paling sering dijumpai di pinggir jalan, seperti mie goreng tek-tek di Indonesia. Pad Thai memakai mie seperti kwetiau atau bihun goreng yang diberi kecap ikan, bawang merah dan bawang putih, lalu diberi seafood seperti udang.

Sekilas, Pad Thai memang mirip mie goreng seafood. Tapi, makanan ini memakai tauge segar yang renyah saat digigit dan bumbu wajib masakan Thailand, jeruk nipis.

4.  Salad Lele
Di Thailand, ikan lele dapat ditemukan dalam bentuk salad dengan rasa yang manis, asam dan pedas. Daging lele goreng ini diberi kecap ikan, bawang merah, jeruk nipis dan cabai.

Salad lele ini juga dapat ditambahkan daun ketumbar (cilantro) atau kacang tanah bila suka.




5. Mango Sticky rice

Makanan ini sangat mudah ditemukan di Bangkok, di pinggir jalan hingga di dalam mal. Sticky rice, mirip ketan di Indonesia, gurih ini disiram sedikit santan saat akan dimakan.

Seporsi jajanan ini biasanya berisi setangkup sticky rice yang diberi setengah potong irisan mangga manis dan taburan wijeb. Cocok untuk penawar makanan pedas Thailand atau dinikmati dengan teh susu.



Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar