Mataram (ANTARA News) - Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat Lalu Mohammad Faozal mengatakan, Tour de Lombok Mandalika, 13-16 April 2017, diikuti 17 tim balap sepeda dari dalam negeri dan luar negeri.

"Lima tim dari dalam negeri dan 12 dari luar negeri," kata Mohammad Faozal di dampingi Ketua ISSI NTB Husnul Faozi, Ketua KONI NTB Andy Hadianto dan Direktur Konstruksi dan Operasi PT ITDC Ngurah Wirawan di Mataram Kamis.

Ia mengatakan, tim yang akan berlomba ajang balap sepeda Tour de Lombok Mandalika itu, seperti negara di Eropa, Tiongkok, Malaysia, Australia, Kuwait, Laos, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Singapura, dan Iran.

"Nanti satu tim itu terdiri dari tujuh orang, lima yang berlomba, dua cadangan," ujarnya.

Faozal menyebutkan, ada empat etape yang ditempuh para pembalap Tour de Lombok Mandalika. Di antaranya, etape pertama Kota Mataram - Kuta, Lombok Tengah sejauh 126 Km, Pelabuhan Bangsal-Senaru sejauh 113 km di di Kabupaten Lombok Utara.

Kemudian Kuta Lombok Tengah sampai Sembalun Lombok Timur sejauh 115 Km dan etape IV di kota Mataram.

"Khusus kota Mataram itu jalur sprint race di jalur ketiga, enam, dan sembilan," tuturnya.

Para pembalap yang ikut serta Tour de Lombok Mandalika merupakan pembalap yang juga ikut di Tour de Bangkok.

"Jadi pelaksanaan Tour de Lombok Mandalika usai Tour de Bangkok berakhir," tambahnya.

Total hadiah yang akan diberikan kepada para pemenang, kata Faozal, mencapai Rp800 juta.

"Hadiah yang akan diberikan kepada pebalap itu, uang dan piagam di setiap etape dan finis," imbuhnya.

Ketua Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) NTB Husnul Faozi mengatakan pihaknya mendukung penyelenggaraan ajang yang baru pertamakali dilaksanakan di Lombok, NTB.

"Kita ingin kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan sukses. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB," tegas Husnul Faozi yang juga menjabat Kepala Dinas Pertanian NTB itu.

Harapannya dari ajang seperti ini, pariwisata NTB khususnya Lombok menjadi lebih dikenal, sehingga berdampak pada kunjungan wisatawan ke NTB.

Ketua Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) NTB Husnul Faozi mengatakan pihaknya mendukung penyelenggaraan ajang yang baru pertamakali dilaksanakan di Lombok, NTB.

"Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB," kata Husnul Faozi yang juga menjabat Kepala Dinas Pertanian NTB itu.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017