Washington (ANTARA News) - Gedung Putih mengatakan Presiden Donald Trump ingin Kongres menyelidiki kebocoran informasi rahasia dan tuduhan Barack Obama telah menyadap telepon sang presiden.

Juru Bicara Gedung Putih Sean Spicer mengaku sudah berbicara dengan Trump mengenai masalah ini dan presiden mengindikasikan dia ingin melihat Kongres memperluas cakupan penyelidikan yang sedang berlangsung terkait pengaruh Rusia dalam pemilihan Amerika Serikat sehingga meliputi kedua unsur itu pula.

Gedung Putih sudah meminta Kongres menindaklanjuti tuduhan tanpa bukti Trump yang disampaikan akhir pekan lalu bahwa Obama memerintahkan penyadapan teleponnya selama kampanye tahun lalu.

“Saya sudah berbicara lagi dengan presiden hari ini, beliau akan meminta mereka memeriksa masalah kebocoran informasi rahasia dan berbagai informasi lainnya yang berasal dari pemerintah,” kata Spicer.

"Beliau menyakini hal ini mengganggu keamanan nasional kita dan bahwa Kongres... menggunakan otoritas pengawasan mereka (seharusnya) memeriksa kebocoran luas itu."

Spicer menolak mengatakan Trump akan bersaksi mengenai masalah dugaan penyadapan.

(Baca juga: FBI sebut tuduhan Obama sadap Trump tak benar)

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017