Jakarta (ANTARA News) - Bayern Muenchen melaju ke perempatfinal Liga Champions usai mempermalukan Arsenal dengan skor 5-1 (agregat 10-2) pada pertandingan leg kedua babak 16 besar yang digelar di Stadion Emirates, Rabu pagi waktu Indonesia.

Arsenal yang bermain dengan 10 orang pada babak kedua terlihat tidak berdaya meladeni kekuatan Bayern Muenchen yang menurunkan skuat utama kendati sudah unggul 5-1 pada leg pertama di Jerman dua pekan lalu.

Kekalahan ini juga membuat pasukan Arsene Wenger gagal lolos dari babak 16 besar Liga Champions dalam tujuh musim kompetisi berturut-turut.

Pada jalannya laga, klub berjuluk The Gunners itu sempat memimpin 1-0 berkat sepakan kaki kanan Theo Walcott yang meneruskan umpan Olivier Giroud dari sayap kanan saat laga memasuki menit ke-20.

Namun upaya Arsenal mengejar devisi agregat skor pupus setelah bek Laurent Koscielny diusir wasit akibat melanggar penyerang Muenchen Robert Lewandowski di kotak penalti.

Bayern Muenchen pun mencetak gol penyeimbang dari tendangan penalti Robert Lewandowski yang gagal dihentikan kiper Arsenal Ospina pada menit 54.

Bayern Muenchen mengubah skor menjadi 2-1 (agregat 7-2) berkat sepakan kaki kiri Arjen Robben usai mencuri bola dari kaki pemain Arsenal pada menit 68.

Arsenal kemudian melakukan tiga pergantian pemain. Ramses, Giroud dan Alexis keluar digantikan Francis Coquelin, Mesut Ozil dan Lucas Perez.

Namun bukannya menambah gol, Arsenal justru semakin dibombardir oleh Muenchen yang mencetak tiga gol tambahan.

Douglas Costa yang baru masuk di babak kedua menambah keunggulan Muenchen pada menit 78 setelah menerima umpan Rafinha.

Arturo Vidal pun mencetak dua gol pada menit 80 dan 85 yang memastikan Bayern Muenchen lolos ke perempatfinal Liga Champions dengan skor 5-1 (agregat 10-2) atas Arsenal, demikian laporan pertandingan situs UEFA.

Susunan pemain:

Arsenal (4-2-3-1):
Ospina, Bellerin, Mustafi, Koscielny, Monreal, Xhaka, Ramsey, Oxlade-Chamberlain, Walcott, Welbeck, Alexis
Cadangan: Cech, Gibbs, Gabriel, Coquelin, Lucas, Ozil, Giroud

Bayern (4-2-3-1): Neuer; Rafinha, Martinez, Hummels, Alaba; Alonso, Vidal; Robben, Thiago, Ribery; Lewandowski.
Cadangan: Douglas Costa, Bernat, Muller, Ulreich, Coman, Kimmich, Renato Sanches.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017