counter

Kurniawan: pembinaan usia dini tonggak lahirkan pesepakbola handal

Medan (ANTARA News) - Mantan pemain nasional Kurniawan Dwi Yulianto mengatakan pembinaan usia dini sangat penting dalam upaya melahirkan pesepakbola berkualitas, sehingga Indonesia tidak akan pernah kehabisan bibit-bibit berbakat yang siap mengharumkan nama negara.

"Pembinaan usia dini adalah tonggak dasar untuk melahirkan pesepakbola handal. Itu sangat penting dilakukan oleh klub-klub. Jangan bicara prestasi kalau tidak ada pembinaan usia dini," kata Kurniawan yang hadir menyaksikan MILO Football Championship di Stadion Teladan Medan, Sabtu.

Ia mengatakan, banyak klub-klub yang hanya merekrut pemain yang sudah jadi tanpa mau bersusah payah melakukan pembinaan.

Padahal banyak klub-klub besar di dunia yang lebih mengutamakan pembinaan usia dini, untuk dipersiapkan sebagai pelapis pemain-pemain seniornya, ujarnya.

Ia juga menyampaikan, banyak pelatih dalam negeri yang memberikan pelatihan berdasarkan pengalamannya semata ketika menjadi pemain, tanpa berpedoman pada buku panduan kepelatihan.

Sehingga metode yang diterapkan kepada anak asuhnya tidak sesuai, padahal FIFA sudah mengeluarkan buku panduan tata cara menjadi pelatih yang jika diterapkan secara benar, akan melahirkan pesepak bola berkualitas.

"Artinya jangan menjadi pelatih hanya berdasarkan pengalamannya saja, melatih juga ada tata caranya, bukan sembarangan saja," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Kodim 0706 Temanggung gelar turnamen sepak bola usia dini

Komentar