Banda Aceh (ANTARA News) - Bank Aceh Syariah melalui program CSR-nya menyalurkan bantuan bus kepada dua perguruan tinggi dan satu unit mobil pemadam kebakaran untuk Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Bantuan bus yang masing-masing diberikan kepada pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dan Universitas Syiah Kuala (Unysiah) serta satu unit mobil pemadam kebakaran untuk Pemerintah Kabupaten Bireuen diserahkan langsung oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh, Rabu (15/3).

"Bantuan ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Aceh dalam memberikan pelayanan kepada rakyat melalui Bank Aceh Syariah sebagai salah satu pilar pembangunan Aceh," katanya.

Bantuan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk penanggulangan bencana di wilayah Bireuen dan untuk mendukung aktivitas pendidikan di kampus Unsyiah dan UIN Ar-Raniry.

Menurut dia, dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bank Aceh yang berlangsung pertengahan tahun lalu, salah satu poin yang dibahas adalah peningkatan dukungan dan partisipasi PT Bank Aceh Syariah melalui program CSR bagi rakyat Aceh.

"Alhamdulillah, dari hasil evaluasi itu terlihat bahwa program CSR PT Bank Aceh Syariah sudah cukup membanggakan," katanya.

Zaini menjelaskan beberapa program CSR yang telah dilaksanakan oleh Bank Aceh Syariah, antara lain, bantuan dan dukungan dalam mengatasi dampak sosial akibat bencana alam, terutama pada masa panik yang dilakukan melalui seluruh kantor cabang Bank Aceh Syariah di seluruh kabupaten/kota.

Selanjutnya, Bank Aceh Syariah juga memberikan bantuan dan dukungan dalam pelaksanaan serta pengembangan kegiatan keagamaan, sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan dan olahraga serta kebudayaan yang diberikan kepada sejumlah lembaga di wilayah Aceh.

"Bank Aceh Syariah telah menghibahkan sebanyak 25 unit mobil ambulans kepada seluruh kabupaten/kota untuk membantu melayani masyarakat pada tahun 2015," katanya.

Selanjutnya, pada tahun 2016, Bank Aceh Syariah juga menghibahkan 24 unit bus sekolah, dua unit ambulans, dan satu unit minibus kepada seluruh kabupaten/kota untuk membantu melayani masyarakat.

PT Bank Aceh Syariah juga telah memberikan bantuan empat unit bus sekolah kepada empat lembaga pendidikan di Aceh, yaitu Universitas Teuku Umar, Universitas Malikussaleh, Universitas Samudera, dan Dayah Ummul Ayman Samalanga.

Direktur Utama PT Bank Aceh Syariah Busra Abdullah mengatakan bahwa dana CSR bank milik Pemerintah Aceh tersebut adalah sebesar 5 persen dari laba perusahaan.

"Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama berdoa agar laba Bank Aceh Syariah setiap tahunnya makin meningkat sehingga dana CSR makin besar pada tahun berikutnya," kata Busra Abdullah.

(M049/D007)

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017