Kita sepakat untuk sering berkunjung, dan setiap jelang 1 Muharram ada pertemuan PP Muhammadiyah dan PBNU, itu berlangsung terus menerus selama beberapa tahun
Depok, Jawa Barat (ANTARA News) - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia Din Syamsudin mengenang almarhum KH Hasyim Muzadi sebagai orator ulung yang memiliki wawasan keislaman dan kebangsaan yang luas.

"Beliau seorang orartor ulung yang berbicara penuh makna yang diselingi humor-humor segar," kata Din di rumah duka Komplek Pondok Pesantren Al-Hikam, Kukusan Beji, Depok, Kamis.

Din mengaku selalu senang ketika mendengar ceramah Hasyim yang berkesan pada hati jemaah. Dia menilai Hasyim memiliki pemikiran strategis tentang bagaimana menempatkan Islam dalam konteks Indonesia.

Din mengisahkan ketika dia masih menjabat Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Hasyim menjabat Ketua Umum PBNU, keduanya saling bersilaturahim memperkuat organisasi Islam besar demi membantu menyelesaikan masalah bangsa.

"Kita sepakat untuk sering berkunjung, dan setiap jelang 1 Muharram ada pertemuan PP Muhammadiyah dan PBNU, itu berlangsung terus menerus selama beberapa tahun, tapi sayang saat ini sudah tak dijalankan," kenang Din.

Din mengucapkan selamat jalan kepada Hasyim dan mendoakan agar segala amal perbuatannya diterima Allah SWT.

Mantan Ketua Tanfidziyah PBNU itu lahir di Bangilan, Tuban, Jawa Timur pada 8 Agustus 1944 dan wafat pada Kamis (16/3) pukul 06.15 WIB di Malang, Jawa Timur.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017