Depok (ANTARA News) - Jenazah anggota Dewan Pertimbangan Presiden KH Hasyim Muzadi pada Kamis dimakamkan secara militer, dengan upacara yang melibatkan pasukan TNI dan Polri bersenjata.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi inspektur upacara pemakaman mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu di kompleks Pondok Pesantren Al Hikam di Kukusan Beji, Depok, Jawa Barat.

Ambulans yang membawa jenazah KH Hasyim Muzadi tiba di kompleks pesantren pukul 16.15 WIB dengan kawalan anggota TNI-Polri, organisasi massa Islam, serta santri Al Hikam.

Jenazah dibawa ke rumah duka beberapa saat, lalu dibawa ke Masjid Al Hikam untuk dishalatkan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla, beberapa menteri Kabinet Kerja, tokoh Islam, hingga pimpinan partai politik turut mengiringi jenazah dari rumah duka ke masjid, lalu menyalatkan jenazah, dan menghadiri prosesi pemakaman.

Warga setempat dan rombongan dari luar daerah menyemut di kompleks Pondok Pesantren Al Hikam untuk ikut menyalatkan jenazah dan mengikuti prosesi pemakaman.

Shalat jenazah dilaksanakan pukul 16.35 WIB. Jamaah shalat jenazah pun membludak hingga keluar masjid, ada yang shalat di tangga masjid hingga lapangan parkir bus.  Jenazah kiai karismatik itu diturunkan ke liang kubur pukul 17.05 WIB.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017