Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro memastikan tiga tempat bagi wakil Indonesia di putaran dua turnamen bulu tangkis Malaysia Terbuka 2017.

Laman resmi BWF yang dipantau di Jakarta, Rabu, mencatat kepastian Ahsan/Rian mendapatkan tempat ketiga pada putaran dua bagi Indonesia di nomor ganda putra, diperoleh setelah menumbangkan pasangan gado-gado Hendra Setiawan/Tan Boon Heong (Malaysia) dengan skor 21-10, 15-21, 21-19.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Perpaduan, Kuching, Negara Bagian Sarawak, Malaysia tersebut, gim pembuka dominan dimenangkan oleh pasangan Ahsan/Rian.

Walaupun Hendra/Tan sempat memperkecil ketertinggalan di awal gim pertama hingga 4-6, mereka tidak mampu menahan laju Ahsan/Rian untuk memenangkan gim pembuka itu.

Hasil dari gim pertama menjadi pelajaran bagi masing-masing pasangan di awal gim kedua yang berlangsung ketat, hingga akhirnya ketika kedudukan 4-3 bagi keunggulan Ahsan/Rian, pasangan Hendra/Tan mampu menyalip dengan mencetak tiga angka sekaligus dan menjaga jarak poin hingga pertandingan harus ditentukan oleh gim pamungkas.

Berbekal kemenangan di gim kedua, Hendra/Tan mampu tancap gas di awal gim terakhir hingga bisa memimpin 8-4 atas Ahsan/Rian, namun tidak butuh waktu lama bagi Ahsan/Rian untuk menyamakan kedudukan.

Akan tetapi Hendra/Tan berhasil kembali memimpin perolehan poin hingga ketika skor 14-12, Ahsan/Rian mampu langsung mencetak tiga angka berturut-turut untuk balik memimpin. Meski beberapa kali terjadi hasil imbang 15-15, 16-16, 17-17 dan 19-19, pasangan Ahsan/Rian berhasil mencapai angka 21 terlebih dahulu dan memastikan langkahnya berlanjut ke putaran dua.

Kemenangan Ahsan/Rian atas Hendra/Tan ini menambah satu lagi tiket putaran dua nomor ganda putra bagi Indonesia di turnamen berlevel superseries premier tersebut setelah sebelumnya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil masuk ke putaran dua terlebih dahulu.

Fajar/Rian berhasil masuk putaran dua setelah menumbangkan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dalam pertarungan tiga gim selama 60 menit 19-21, 21-15, 21-19. Sementara, Marcus/Kevin berhasil masuk ke putaran dua selepas mendapatkan kemenangan dua gim langsung 21-9, 21-19 atas duet Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017