Bandung (ANTARA News) - Jumlah peserta Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XV Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada tanggal 8-13 April, di Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jabar, Kota Bandung, diperkirakan mencapai 1.500 orang.

"Alhamdulillah, tahun ini Pemprov dan LPTQ Jawa Barat kembali bisa menyelenggarakan STQ XV Tingkat Provinsi Jabar. Untuk peserta sendiri diperkirakan mencapai 1.500 orang," kata Ketua Panitia STQ XV Tingkat Provinsi Jawa Barat Dady Iskandar, di Bandung, Kamis.

Menurut dia, peserta STQ XV Jawa Barat Tahun 2017 tersebut berasal dari 27 kabupaten/kota dan nantinya akan mengikuti empat cabang perlombaan.

Adapun keempat cabang yang diperlombakan ialah Musabaqoh Tilawah Al Quran untuk anak-anak dan untuk dewasa, Musabaqoh Hifzhil Quran 1 juz dan 5 juz, Musabaqoh Hifzhil Quran 10 juz dan 20 juz, serta Musabaqoh Hifzhil Quran 30 juz serta tafsir Bahasa Arab.

Dadan menjelaskan STQ bisa menjadi sebuah jembatan untuk seleksi ke MTQ dan internasional.

"Kemudian peserta yang akan mengikuti ini merupakan kafilah daerah yang telah mengikuti STQ di daerah masing-masing," kata dia.

Dia mengatakan, aturan untuk peserta STQ VX Jawa Barat tahun ini akan jauh lebih ketat dibandingkan tahun sebelumnya karena ada sistem online.

"Sistem online ini diberlakukan agar tidak terjadi manipulasi data," kata dia.

Akan tetapi, kata dia, tidak menutup kemungkinan bagi daerah yang mendaftarkan "pemain cabutan" dari daerah lain dan hal itu diperbolehkan asal ada kesepakatan di antara kedua daerah.

"Secara aturan itu memang sah-sah saja misalnya Kota Bandung ambil dari kabupaten/kota lain asal tidak mengubah status kependukukan, yang salah itu jika mengubah KTP si peserta," kata dia.

(A066/Y003)

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017