Pekanbaru (ANTARA News) - Kementerian Agama Kota Pekanbaru mengklaim hingga kini proses kelengkapan berkas seperti pembuatan paspor bagi Jemaah Calon Haji (JCH) asal setempat sudah tuntas hingga 90 persen.

"Alhamdulillah hampir 1.100 atau lebih 90 persen paspor Jemaah Calon Haji asal Kota Pekanbaru sudah terkumpul di Kementerian Agama ini," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Pekanbaru Defizon di Pekanbaru, Minggu.

Menurut Defizon paspor Jemaah Calon Haji Pekanbaru kini sudah terkumpul. Ini bagian dari proses persiapan penyelenggaraan.

"Kami terus matangkan persiapan ini, terutama kelengkapan dokumen paspor untuk keberangkatan Jemaah yang waktunya tinggal kurang dari dua bulan lagi," tuturnya.

Ia menjelaskan berdasarkan data yang dikirim Kanwil Kementerian Agama Propinsi Riau jumlah jemaah calon haji Kota Pekanbaru tahun 1438 H- 2017 M mencapai 1.155 orang.

"Kini sebanyak 1.100 sudah kantongi paspor, sisanya lagi proses," ucapnya pula.

Ia menambahkan selanjutnya paspor yang sudah diserahkan ke Kementerian Agama akan diterima kembali oleh jemaah haji pada saat masuk asrama haji embarkasi satu hari sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

"Jadi kita minta kepada jemaah calon haji yang masih berkeinginan keluar negeri sebelum berangkat haji mohon ditunda dulu," tegas Defizon.

Hal ini dalam rangka kelancaran proses keberangkatan jemaah calon haji terutama menyangkut visa haji.

Ia mengingatkan dan meminta juga agar jemaah calon haji yang diperkirakan masuk dalam estimasi berangkat 2017 yang sudah memiliki paspor untuk segera mengumpulkan paspornya.

"Bagi jemaah haji yang belum memiliki paspor untuk segera melakukan proses penerbitan," tambahnya.

Selanjutnya paspor tersebut beserta bukti setor pelunasan Biaya Pengelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) akan dikirim ke Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Riau untuk pengurusan keberangkatan.

Pewarta: Fazar Muhardi/Vera Lusiana
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017