Sidoarjo (ANTARA News) - Ribuan orang peserta istigasah kubro memadati GOR Sidoarjo, Jawa Timur, dalam rangka hari lahir ke-94 Nahdlatul Ulama (NU) tahun 2017 dengan mengusung tema "Mengetuk Pintu Langit Manggapai Nurullah"

Ahmad Irham Fauzi salah seorang peserta asal Gresik, Minggu mengatakan, dirinya sengaja datang sejak subuh di GOR Sidoarjo ini ingin menjadi bagian dalam kegiatan doa bersama ini.

"Selain itu, saya bersama dengan anak saya ingin menjadi pasukan semut yakni membantu memungut sampah yang ada di lokasi kegiatan," kata pria asal Mojokerto ini.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat seperti Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifulah Yusuf, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Kepala DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar.

Selain itu, sejumlah tokoh nasional juga hadir seperti Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar serta sejumlah Kiai dari Nahdlatul Ulama.

Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur KH. M. Hasan Mutawakkil Alallah mengatakan, kegiatan ini berlangsung dengan aman dan lancar.

"Kegiatan ini diharapkan mampu menjaga kerukunan umat beragama di tengah persoalan yang tengah dihadapi bangsa seperti sekarang ini," ujarnya.

Mudah-mudahan, kata dia, doa dari para kiai yang ikut dalam kegiatan ini bisa memberikan pencerahan dan juga solusi atas bencana sosial bangsa ini.

"Kekuatan doa adalah kekuatannya umat dan bisa menjadi solusi. NU ini didirikan untuk menjaga negara secara utuh," katanya.

Dari pantauan di lapangan, seluruh tribun yang ada di dalam Gelora Delta Sidoarjo berkapasitas 35 ribu penonton ini terisi penuh oleh peserta istigasah. Selain itu, ditambah lagi dengan bagian tengah lapangan yang juga terisi penuh dan bahkan hingga meluber sampai dengan bagian luar area GOR Delta Sidoarjo.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017