Bensheim (ANTARA News) - Ribuan orang berkumpul di Kota Bensheim, Jerman pada Jumat untuk menyaksikan sebuah prosesi yang bertujuan mengingatkan penduduk setempat tentang makna Paskah, sebuah festival penting dalam kalender umat Kristen untuk memperingati penyaliban Yesus Kristus.

Beberapa aktor yang berperan sebagai tentara Romawi dengan baju besi mengkilap dan seragam merah mengiringi aktor yang berperan sebagai Yesus dengan memakai mahkota yang terbuat dari ranting dan membawa salib kayu besar. Sang aktor berjalan melalui pusat kota yang indah dalam tradisi yang telah ada selama beberapa dasa warsa itu.

Prosesi yang menggambarkan adegan dari Alkitab itu, diselenggarakan di Bensheim setiap tahun pada peringatan Jumat Agung, di mana hari itu dipercaya oleh umat Kristen sebagai hari disalibkannya Yesus. Tradisi ini mulai diselenggarakan di kota itu oleh para migran asal Italia pada 1980-an.

"Mereka memerankannya seperti kehidupan saat itu, adegannya sangat meyakinkan," kata Joachim Klenk, salah satu penonton.

"Saya percaya dan bagi saya itu penting karena seluruh cerita mengingatkan saya pada peringatan Jumat Agung," kata Edith Lorek, seorang penonton lainnya yang menyaksikan jalannya prosesi dengan teman-temannya, seperti diwartakan Reuters.

Menurut umat Kristen, Yesus bangkit dari kematian pada Minggu Paskah, melambangkan kematian bukanlah akhir melainkan awal dari kehidupan baru.

(Uu.KR-AMQ/G003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017