Rafflesia berkelopak enam mekar di Bengkulu tengah

Rafflesia berkelopak enam mekar di Bengkulu tengah

Dokumentasi pengunjung mengamati bunga Rafflesia arnoldi yang sedang mekar di Kawasan Hutan Lindung Bukit daun Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, (28/12). (FOTO ANTARA News/A Suwanto)

Bengkulu, Bengkulu (ANTARA News) - Satu bunga Rafflesia arnoldii dengan enam kelopak, mekar di Hutan Lindung Bukit Daun, di Desa Taba Teret, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.

"Peristiwa yang cukup langka, karena bunga rafflesia umumnya lima kelopak, tapi kali ini kami temukan satu kuntum dengan enam kelopak," kata Gilang Ibnu, warga Desa Taba Teret saat dihubungi dari Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan, bunga itu ditemukan mekar sempurna dalam hutan berjarak 20 meter dari badan jalan raya Kota Bengkulu-Kepahiang.

Anggota kelompok peduli bunga langka di wilayah itu sudah membuat jalan setapak untuk memudahkan pengunjung menyaksikan bunga langka itu.

"Kami juga membuat pengumuman di pinggir jalan raya untuk memudahkan pengunjung menemukan lokasi," ujarnya.

Hutan Bukit Barisan di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Kepahiang yakni Hutan Lindung Bukit Daun dan Cagar Alam Taba Penanjung merupakan habitat Rafflesia arnoldii.

Menurut dia, keberadaan bunga langka itu mampu menarik wisatawan dalam dan luar negeri datang ke sana.

"Setiap ada bunga mekar selalu kami informasikan lewat media sosial terutama Facebook, dan cukup efektif mendatangkan pengunjung," ucapnya.

Ia memperkirakan, bunga dengan diameter lebih 60 centimeter tersebut dapat dinikmati hingga empat hari mendatang.

Rafflesia arnoldii ikon Provinsi Bengkulu yang ditetapkan sebagai flora dilindungi berdasarkan UU Nomor 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya.

Di kawasan hutan Provinsi Bengkulu telah teridentifikasi empat jenis bunga bangkai yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia gadutensis dan Rafflesia hasselti.

Pewarta: Helti Manurung
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Warga Sibolangit dihebohkan dengan bunga bangkai langka

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar