Ada dua knop yang bakal mekar dalam waktu dua minggu ke depan karena kelopak sudah terbuka
Lubukbasung (ANTARA) -
Satu individu Rafflesia Arnoldii mekar sempurna di Hutan Cagar Alam Batang Palupuh, Jorong Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumbar, sehingga total bersamaan bunga raflesia mekar sempurna di daerah itu tiga individu.
 
Pegiat Wisata di Batang Palupuh, Joni Hartono, di Lubukbasung, Kamis, mengatakan bunga itu mekar sempurna hari pertama pada Kamis ini.
 
"Bunga raflesia itu mekar sempurna pada hari pertama, karena sebelumnya kelopak masih ada yang belum terbuka pada Rabu (13/7)," katanya.
 
Ia mengatakan dengan tambah mekar bunga langka dan dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem dan Hayati itu, maka total bunga yang mekar sempurna secara bersamaan menjadi tiga individu.

Baca juga: Hamparan bunga Raflesia di Ranah Minang
 
Sebelumnya, Minggu (10/7), dua individu raflesia mekar sempurna di kawasan hutan areal penggunaan lain di daerah itu. Selain itu, ada yang mekar di kawasan Hutan Cagar Alam Batang Palupuh pada Senin (11/7).

"Bunga yang pertama dengan kedua hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dan bunga kedua dengan ketiga hanya berjarak 200 meter," katanya.
 
Ia mengatakan di Jorong Batang Palupuh juga pernah mekar sempurna secara bersamaan lima individu raflesia dengan jarak 20-100 meter.

Selama Januari hingga 14 Juli 2022 sudah 26 individu raflesia yang mekar di Batang Palupuh, meliputi di halaman rumah warga empat individu, kawasan Cagar Alam Batang Palupuh tujuh individu, dan areal penggunaan lain 15 individu.

Saat ini, jumlah knop raflesia di halaman rumah warga sekitar 20 buah, kawasan Cagat Alam Batang Palupuh 11 buah, dan areal penggunaan lain sekitar 20 buah.
 
"Ada dua knop yang bakal mekar dalam waktu dua minggu ke depan karena kelopak sudah terbuka. Keberadaan bunga itu menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara dan mancanegara," katanya.

Baca juga: Bunga rafflesia kembali mekar di halaman rumah warga Agam Sumbar
Baca juga: Bunga Rafflesia mekar sempurna di Palupuh Agam
Baca juga: Sembilan tahun menanti, rafflesia itu akhirnya mekar berseri

Pewarta: Altas Maulana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022