Jakarta (ANTARA News) - Skor sementara 0-0 pada 45 menit pertama pertandingan semifinal pertama Liga Europa antara tuan rumah Celta Vigo melawan Manchester United yang berlangsung di Stadion Balaidos, Jumat dini hari WIB ini.

Penjaga gawang Sergio Alvarez menjadi bintang lapangan pada babak pertama laga ini dengan sedikitnya melakukan tiga penyelamatan gemilang, termasuk menggagalkan upaya gol Jesse Lingard pada menit 39.

Marcus Rashford bermain satu dua dengan Lingard, namun penyelesaian akhir Lingard yang sudah berhadapan dengan penjaga gawang, digagalkan Alvarez yang menjatuhkan diri menghadang tendangan pelan terukur Lingard. Ini adalah salah satu peluang gol terbesar MU pada pertandingan tersebut.

Pada laga di mana Jose Mourinho menurunkan kembali Paul Pogba, playmaker asal Prancis ini menciptakan pengaruh besar di lapangan pada 15 menit terakhir.

Hampir semua serangan MU diaransemen oleh Pogba, seperti umpan kepada Henrick Mkhitaryan yang nyaris berbuah gol kalau tidak Alvarez sigap menyelamatkan gawangnya.  Teriakan "Sergio! Sergio!" itu pun digemakan pendukung Celta.

Untuk Celta, John Guidetti, lewat serangan balik, menciptakan peluang gol terbaik yang dimentahkan penjaga gawang MU Sergio Romero. Sebelumnya, pada menit-menit awal, Daniel Wass juga menyianyiakan peluang gol Celta.

MU hanya pernah dua kali menang pada 22 laga tandang melawan klub-klub Spanyol, namun pada delapan pertandingan Liga Europa yang dijalaninya, The Red tidak satu kali pun menelan kekalahan.

Pemenang pertandingan ini akan maju ke final Liga Eropa di Stockholm, Swedia, 24 Mei nanti.  Pekan berikutnya, giliran MU menjadi tuan rumah pada pertandingan leg kedua nanti.

Susunan pemain kedua tim, seperti dikutip laman UEFA:
Celta Vigo:
Sergio Alvarez, Mallo, Nemanja Radoja, Pablo Hernandez, John Guidetti, Iago Aspas, Prone Sisto, Daniel Wass, Jonny, Gustavo Cabral, Facundo Roncaglia

Manchester United: Sergio Romero, Eric Bailly, Paul Pogba, Jesse Lingard, Daley Blind, Marcus Rashford, Ander Herrera, Henrikh Mkhitaryan, Antonio Valencia, Marouane Fellaini, Matteo Darmian


Baca juga: (Menang 1-0 di kandang Celta, satu kaki MU menjejak final Liga Europa)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017