Padang (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat  meningkatkan patroli rutin selama bulan Ramadan 1438 Hijriah guna mencegah aksi balap liar dan tawuran remaja.

"Hal ini dilakukan karena maraknya aksi tawuran antara anak remaja dan balap liar terutama pada dinihari," kata Kabag Ops Polresta Padang Kompol Ediwarman di Padang, Senin.

Ia mengatakan selain melakukan patroli rutin pihaknya juga menyebar petugas di lokasi-lokasi rawan digunakan untuk melakukan aksi yang mengganggu ketertiban umun tersebut.

Beberapa lokasi rawan di Kota Padang yakni kawasan Pantai Padang, Jembatan Siti Nurbaya, Jembatan Purus, dan sepanjang jalur Bypass.

"Untuk lokasi tersebut kami akan mengoptimalkan pengawasan dari polsek terdekat serta meningkatkan peran Bhabinkamtibmas dalam meningkatkan kamtibmas di wilayah mereka," ujarnya.

Dalam menyikapi persoalan ini, Ediwarman juga meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Padang terlibat aktif untuk mencegah kenakalan remaja tersebut.

"Hal ini bukan hanya tanggungjawab polisi saja karena anak-anak muda yang terlibat balap liar dan tawuran harus mendapatkan perhatian serius," kata dia.

Sementara Kepala Satpol PP Kota Padang Dian Fakri mengatakan pihaknya juga akan melakukan patroli rutin setiap hari selama bulan Ramadhan ini.

"Biasanya kami hanya patroli pada Sabtu malam saja namun karena ini sudah meresahkan kami akan bergerak setiap hari," ujarnya.

Menurutnya tindakan yang dilakukan adalah menjaga lokasi-lokasi rawan dan menghalau gerombolan anak-anak remaja yang masih berkumpul pada saat dinihari.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam menertibkan hal ini," kata dia.

Pewarta: MR Denya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017