Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ingin tim nasional U-16 menjadi juara di ajang Piala AFF U-15 di Chonburi, Thailand, yang digelar pada 9-22 Juli 2017.

"Di setiap turnamen, keinginan kami adalah menjadi yang terbaik," ujar Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono di Jakarta, Senin.

Joko, yang juga menjabat sebagai pelaksana tugas sekretaris jenderal PSSI, menyadari Indonesia berada di grup yang ketat karena bergabung dengan Australia, tuan rumah Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura.

Namun, menilik beberapa uji coba tim nasional asuhan Fakhri Husaini tersebut termasuk menjadi juara di turnamen Tien Phong Plastic 2017 di Vietnam, PSSI optimistis timnas bisa menunjukkan kualitas tertinggi di kompetisi tersebut.

"Ada optimisme melihat persiapannya. Insya Allah kita siap di Piala AFF termasuk melawan Myanmar di laga perdana," kata Joko, sembari mengingatkan bahwa usia U-16 masih dalam masa pengembangan pesepak bola muda.

Jika berhasil menjadi juara di Piala AFF 2017, PSSI kemungkinan akan memberikan bonus khusus. Namun, Joko belum bersedia mengungkapkannya secara rinci.

"Biasanya itu akan terpikir sesaat begitu turnamen selesai. Ya, begitulah kira-kira," tutur dia.

Di Piala AFF U-15, timnas U-16 yang berjuluk Garuda Asia bergabung di Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura. Mereka akan memainkan pertandingan pertama melawan Myanmar pada Minggu (9/7) pukul 19.30 waktu Bangkok/WIB di Stadion Princess Sirindhorn.

Usai turnamen tersebut, timnas U-16 nantinya akan menjalani kualifikasi Piala Asia U-16 2018 pada 16-24 September 2017 di Thailand. Mereka berada di Grup G bersama dengan Thailand, Laos, Timor Leste dan Kepulauan Mariana Utara.

(T.M054/R010)

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017