Sukabumi (ANTARA News) - Rumah bertingkat yang dihuni sepasang lanjut usia (lansia) di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat rata dengan tangah akibat bencana kebakaran yang terjadi Rabu, (5/7).

"Kebakaran di Kampung Sukamanah, RT 001 RW 06, Desa/Kecamatan Cisaat ini terjadi sekitar pukul 18.00 WIB dan baru bisa dipadamkan tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi yang dibantu warga dan relawan sekitar pukul 20.27 WIB," kata Koordinator Pusat Pengendalian dan Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana, Rabu.

Walaupun tidak ada korban jiwa pada bencana ini tetapi kerugian akibat kebakaran yang menghanguskan rumah milik Iyep Saepulloh (62) ini mencapai Rp50 juta bahkan hanya beberapa barang berharga yang bisa diselamatkan.

Informasi yang dihimpun dari petugas BPBD, kebakaran ini berawal dari korsleting listrik yang berada di ruang tengah. Karena rumah korban mayoritas terbuat dari bahan mudah terbakar akibatnya percikan api tersebut langsung menjalar dan membesar.

Melihat asap mengepul dan api terus membesar tetangga korban langsung mengevakuasi pemilik rumah. Sebelum petugas damkar tiba di lokasi warga mencoba memadamkan api dengan alat seadanya tetapi api sulit dipadamkan.

Api baru berhasil dijinakan setelah satu unit mobil damkar tiba di lokasi dan beruntung sumber air dekat sehingga api bisa cepat dipadamkan dan tidak menjalar ke permukiman warga.

"Untuk sementara korban kami ungsikan ke rumah saudaranya terdekat dan saat ini masih dalam pendataan serta memintai keterangan dari beberapa saksi," tambahnya.

Yana mengatakan bantuan darurat berupa makanan siap saji dan perlengkapan tidur sudah mulai kami salurkan. Selain itu, petugas dari Polsek Cisaat pun masih melakukan penyelidikan, diduga kebakaran ini akibat korsleting listrik.

(T.KR-ADR/I006)

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017