Pekalongan (ANTARA News) - Museum Batik Pekalongan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, bakal menambah sejumlah ornamen motif batik sebagai upaya menambah daya tarik bagi pengunjung.

Kepala Museum Batik Pekalongan, Bambang Saptono di Pekalongan, Minggu, mengatakan sejumlah ornamen motif batik itu antara lain akan dipasang pada dinding air mancur yang berada di bagian dalam gedung dan bagian atas pintu masuk museum.

"Beberapa ornamen yang akan ditampilkan tersebut di antaranya ornamen motif batik buketan," katanya.

Menurut dia, sebenarnya pengelola Museum Batik Pekalongan sudah menampilkan motif batik yang dipasang di sejumlah titik.

"Akan tetapi sebagai upaya menambah kecantikan dan keelokan di dalam ruangan museum maka kami tambah ornamen motif batik lainnya agar menambah daya tarik," katanya.

Ia mengatakan Museum Batik Pekalongan akan menyiapkan kegiatan lomba mewarnai motif batik dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-11 Museum Batik yang akan diselenggarakan 29 Juli 2017.

"Sebagai upaya mengenalkan keberagaman motif batik khas Pekalongan pada masyarakat maka kami akan menggelar lomba mewarnai motif batik jenis buketan," katanya.

Ia menambahkan selama libur Lebaran 2017, kunjungan wisatawan ke Museum Batik Pekalongan rata-rata mencapai 200 orang per hari.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017