Surabaya (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi Astra International membangun kampung pemulung di Kecamatan Sukolilo, Surabaya, yang dulunya kumuh menjadi bersih dan lestari.

"Ini wilayah, yang mungkin ketika kita mau masuk ke sini masih ada tumpukan sampah. Orang mungkin tidak pernah membayangkan, setelah melewati tumpukan sampah, tiba-tiba ada kampung yang tidak hanya berseri kampungnya, berseri juga warganya," kata Khofifah di Surabaya, Minggu.

Menurut Khofifah, inspirasi yang dilakukan Astra International tersebut patut diikuti oleh perusahaan manapun, karena mampu menciptakan sinergi dengan pemerintah untuk membangun Indonesia.

"Saya yakin ini sejalan dengan Nawacita. Bahwa membangun Indonesia dari desa, membangun Indonesia dari pinggiran, seperti yang ingin di cita-citakan Presiden Joko Widodo," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Khofifah juga turut menyaksikan penandatanganan antar Astra International dengan pihak Kementerian Sosial agar bersinergi dalam menjalankan program untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia.

(ANTARA News/Sella Panduarsa Gareta)

Menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menandatangani prasasti untuk Kampung Berlestari Astra (KBA) menjadi Desa Sejahtera Mandiri yang saat ini memiliki banyak fasilitas untuk masyarakat.

Dengan terciptanya kampung tersebut, maka masyarakat bisa membuka berbagai macam usaha di depan rumah, misalnya jamur tiram sempol, jamur nuget dan jamur crispy.

Tidak berhenti di Surabaya, rangkaian HUT Astra ke-60 juga akan berlanjut di Medan pada 29-30 September - 1 Oktober 2017 dengan tema Pekan Keselamatan Lalu Lingas, serta Makassar pada 17-19 November 2017 dengan tema Generasi Sehat Indonesia.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017