Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Laos, Saleumxay Kommasith di Kementerian Luar Negeri di Jalan Pejambon,Jakarta, Kamis, untuk membahas berbagai isu bilateral.

Kunjungan Menlu Laos ke Indonesia juga dalam rangka pertemuan ke-5 Komisi Bersama untuk Kerja sama Bilateral (Joint Commission for Bilateral Cooperation/JCBC).

"Ini memang bukan kunjungan pertama kali Saleumxay ke Jakarta, tetapi ini merupakan kunjungan pertama sebagai Menlu. Kami telah melaksanakan pertemuan ke-5 JCBC RI-Laos," ujar Menlu Retno Marsudi.

Dalam pertemuan tersebut, kedua menlu membahas beberapa topik kerja sama bilateral, antara lain Peringatan 60 tahun hubungan RI-Laos, rencana kunjungan Perdana Menteri Laos ke Indonesia, serta peningkatan kerja sama ekonomi.

Pertemuan ke-5 JCBC RI-Laos membahas sejumlah hal yang menjadi perhatian bersama kedua negara, antara lain kerja sama politik, pertahanan dan keamanan, ekonomi, sosial budaya, pemuda dan olah raga.

Terkait bidang politik, pertahanan dan keamanan antara Indonesia dan Laos, kedua menlu membahas tentang kerja sama antar parlemen, kerja sama antarkementerian luar negeri kedua negara, serta kerja sama pertahanan dan keamanan.

Terkait bidang ekonomi, kedua menlu membahas perdagangan dan investasi, kerja sama di bidang perindustrian, pertanian, keuangan dan perbankan.

Untuk bidang sosial budaya, kedua menlu membahas kerja sama di bidang pendidikan, transportasi dan pariwisata.

Selain membahas isu bilateral, Menlu RI dan Menlu Laos juga saling bertukar pandangan mengenai isu-isu global dan regional.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017